Kiat-kiat Menentukan Model Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Harga Server unbkPada saat memulai merintis jasa startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut dapat menjadi suatu faktor prioritas yang memutuskan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Berdasarkan yang patut dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih macam server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk keperluan high, menengah, atau cuma dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat memutuskan macam server yang layak untuk jasa  Anda.



Saat ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam empat kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server jenis ini umumnya dipakai dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diaplikasikan karena bentuknya yang slim dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah user pc antara dua puluh sampai seratus orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus jika dibandingkan server macam entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai daya cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup menangani sebagian tugas secara berbarengan. Server ini sanggup melaksanakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, memegang cara pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga bisa menampung lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan besar. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server belum mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun demikian server macam ini mempunyai keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menggunakan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka jika ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman kabar, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari seribu pengguna yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server model ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan metode pendingin ruangan yang maksimal agar server bisa bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berpengaruh pada kinerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini mampu mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-kiat Menentukan Model Server yang Sesuai dengan Usaha Anda"