Metode Pilih Model Server yang Cocok dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaSaat memulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal hal yang demikian dapat menjadi satu unsur prioritas yang menetapkan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang patut dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih tipe server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk keperluan rumit, sedang, atau cuma dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru dapat memutuskan model server yang layak untuk layanan  Anda.

Metode Pilih Model Server yang Cocok dengan Bisnis Anda


Saat ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 kelompok, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server model ini biasanya digunakan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diaplikasikan karena bentuknya yang ramping dan gampang dipasangkan pada rak server.
Jenis server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna computer antara 20 hingga seratus orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server macam entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan suplai energi cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara beriringan. Server ini mampu melaksanakan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengendalikan sistem pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga dapat meyimpan lebih banyak data saat perusahaan berkembang lebih besar. Sebagian, server macam ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, walaupun demikian server macam ini mempunyai kelebihan tersendiri kalau diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan model ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menerapkan penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jika ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Jenis server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, website informasi, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari 1.000 user yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang optimal agar server bisa berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang menggunakannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang ideal akan berdampak pada performa perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup mengakomodasi pekerjaan user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan bisnis rugi dari sisi financial, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Pilih Model Server yang Cocok dengan Bisnis Anda"