Trik Menentukan Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Harga Server UnbkSaat mulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi satu elemen utama yang memutuskan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Menurut yang wajib dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih tipe server yaitu mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Trik Menentukan Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Bagaimana jika server akan diterapkan untuk kebutuhan rumit, menengah, atau cuma digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru bisa memastikan model server yang cocok untuk bisnis  Anda.
Sekarang ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat kategori, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kelebihan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini biasanya dipakai dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diterapkan sebab wujudnya yang tidak memakan tempat dan gampang ditaruh pada rak server.
Jenis server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna laptop antara dua puluh hingga 100 orang dapat memilih server jenis ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai daya back up untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menghandle sebagian tugas secara beriringan. Server ini sanggup menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengontrol cara pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga sanggup simpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun demikian server macam ini memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan model ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa memakai penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jika ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Jenis server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, website info, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu macam server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari 1.000 pemakai yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server mampu bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang menggunakannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap saat.
Memilih server yang pas akan berimbas pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung kerja user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Menentukan Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda"