Membuat Foto Tahan Lama

Daya tahan pada cetak foto secara digital merupakan hal penting, dengan banyak produsen kertas yang membuat klaim tentang daya tahan yang lama pada produk mereka. Masalah ini sangat penting jika kamu ingin cetak foto untuk display atau menyerahkan kepada generasi mendatang karena beberapa tinta / kertas bahkan lebih rentan terhadap perubahan warna dari cetakan foto tradisional. Oke saya kasih kabar baik, bahwa sebagian besar cetakan dari inkjet akan lebih tahan lama daripada cetak foto warna.
  • Memastikan Cetakan Stabil. Faktor utama yang mempengaruhi stabilitas print inkjet adalah tinta / kertas kombinasi dan penanganan dan kondisi penyimpanan setelah foto telah dicetak. Sebuah printer yang menghasilkan foto yang tahan lama di satu kertas mungkin tidak memberikan hasil cetak dengan stabilitas yang sama ketika merek kertas yang digunakan berbeda. Penyebab paling umum dari perubahan warna pada print berbasis dye inkjet adalah perubahan kimia pewarna karena oksidasi. Cahaya dapat menyebabkan warna memudar, terutama dengan pewarna magenta yang murahan. Cyan dye murahan adalah dye yang paling rentan terhadap kontaminasi kimia dan, karena mereka memudar, cetakan berubah menjadi oranye. Untuk mendapatkan stabilitas maksimal dari cetakan inkjet kamu, berikan masing-masing foto hasil print satu atau dua menit untuk mengeringkan kemudian menutupinya dengan selembar kertas biasa. Biarkan foto tertutup selama setidaknya 24 jam sebelum framing atau menyimpannya dalam album.
  • Menilai Kualitas Cetak. Kriteria utama adalah bahwa cahaya cukup terang bagi kamu untuk melihat semua rincian di foto (terutama highlight dan rincian bayangan) dan merata di seluruh permukaan cetak. Biasanya menghindari melihat foto dalam cahaya buatan adalah hal baik karena cahaya buatan dapat menghasilkan perubahan warna pada foto yang dapat mempengaruhi penilaian kamu. Namun, beberapa fotografer menemukan daylight neon cukup dekat untuk simulasi kondisi siang hari. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan :
    • Track line yang baik (atau tidak begitu baik) di permukaan cetak yang menunjukkan deposisi tinta tidak merata. Memulai siklus pembersihandan kembali mencetak jika ini terjadi.
    • Permukaan tekstur tidak rata. Masalah ini disebut 'bronzing' dan menunjukkan bahwa tinta telah merata disimpan dan / atau diserap oleh kertas. Membersihkan print dan mencetak ulang gambar dapat memecahkan masalah tetapi beberapa kombinasi tinta / kertas secara inheren rentan terhadap kesalahan ini. Cobalah mengubah ke kertas yang berbeda untuk cetak ulang kamu.
    • Bercak putih pada permukaan gambar. Ini biasanya menunjukkan debu pada permukaan kertas sebelum dicetak. Namun, jika cetak dibuat dengan tinta pigmen di atas kertas dengan permukaan bertekstur, bisa menunjukkan abrasi sebagai foto telah dihapus dari printer. Mencetak ulang pada selembar kertas dan lebih berhati-hati dengan penyimpanan dan penanganan media.
    • Cetakan yang konsisten terlalu gelap atau terlalu terang atau off-color menunjukkan monitor tidak dikalibrasi untuk mencocokkan hasil cetak printer kamu. Kalibrasi monitor dan membuat test strip sampai cetakan yang kamu buat cocok dengan gambar yang kamu lihat di layar.
  • Brighteners optik. Optical Brightener Additives (atau OBA) yang banyak digunakan dalam pelapis kertas, tekstil dan deterjen untuk membuat produk tampak lebih putih. Mereka bekerja dengan menyerap cahaya dari ultra-violet (UV) yang tak terlihat dari spektrum dan memancarkan kembali dengan warna biru / rentang putih yang terlihat spektrum. Karena warna alami dari kertas sangat pucat, OBA digunakan di banyak kertas inkjet. Cahaya putih tercermin dari brighteners menguasai warna alami kertas, membuat mereka tampak benar-benar putih. Efek dari brighteners adalah untuk artifisial meningkatkan warna gamut maksimum dan kepadatan hitam dari gambar yang dicetak. Karena cara kerja OBA terurai dari waktu ke waktu dan substrat kertas beralih ke warna penggemar pucat normal. kamu mungkin dapat menghindari masalah ini dengan lebih-mantel yang mengurangi aktivasi UV dari OBA, tetapi efektivitas mereka masih harus dibuktikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Foto Tahan Lama"