Tips Ganti Oli Motor


Oli motor sangat penting peranannya dalam menjaga performa mesin motor. Maka dari itu sepatutnya pergantian oli motor harus diperhatikan, baik waktu dan cara menggantinya. Ada beberapa poin yang sering luput dari kita tentang pergantian oli, terutama pada motor. Apa saja itu, mari kita simak ulasannya tips otomotif dibawah ini :

http://us.images.detik.com/content/2012/10/18/1214/oliin.jpg

- Sebaiknya jangan ganti oli pada saat mesin dalam keadaan terlalu panas karena bisa menyebabkan metal atau besi memuai sehinnga drat baut oli mesin menjadi rusak

- Ini yang sering jadi kebiasaan yang kurang bagus. yaitu menguras oli mesin dengan penggunaan angin kompresor. Sebaiknya jangan dilakukan karena udara dari kompresor mengandung air sehingga dapat menimbulkan karat dan kualitas oli akan menurun serta tercampur dengan air. Solusinya, Sebaiknya diselah atau gunakan foot starter 3 atau 5 kali untuk mengeluarka sisa oli pada mesin.

- Kocoklah oli baru, sebelum oli baru dimasukkan ke dalam mesin, supaya lapisan tipis pelindung mesin pada saat bergesekan yang bisanya mengendap di bawah dapat tercampur kembali dengan baik.

- Lakukan penggantian filter oli setiap 7.500-8.000 KM dan juga gantilah oli sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan motor Anda.

Semoga bermanfaat ya. (wf)

Info lainnya: Berita Otomotif

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Ganti Oli Motor"