Jumat, 27 Juli 2012

Cara Mudah Membersihkan Mobil Sendiri



Tips otomotif - Mencuci mobil saat musim hujan menjadi pekerjaan yang sering di lakukan karena kotoran akan melanda mobil anda jadi harus sering di bersih kan agar tidak berkarat dll, pastinya bila anda sering ketempat cuci mobil akan terasa berat, karena mengeluarkan uang banyak untuk biaya cuci, berikut ini ada cara mencuci mobil sendiri simak tipsnya:


Eksterior
1.Parkir mobil di tempat teduh, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kombinasi antara terik yang menyengat permukaan cat, dan langsung terguyur air akan berpotensi memudarkan cat (belang). Siram air pada bagian kolong mobil. Jika memungkinkan, gunakan semprotan air bertekanan tinggi. Gunakan juga sikat apabila kotoran tidak rontok karena semprotan air. Saat mencuci kolong, perhatian kebersihan karet (bushing) kaki-kaki roda. Bertumpuknya kotoran, dapat menganggu 'keluwesan' kaki-kaki. Lanjutkan dengan membersihkan velg dan ban.
2.Beralih ke bodi mobil, bersihkan dahulu semua kaca mobil dari debu yang menempel, dengan tangkai bulu (kemoceng). Setelah itu, lakukan penyiraman secara merata keseluruh badan mobil, mulai dari salah satu ujung sisi bodi agar proses permbersihan beraturan.
3.Lakukan pembilasan secara cepat dan merata. Segera keringkan air pada bodi dengan chamois atau kanebo. Setelah itu, lap badan mobil dengan kain microfiber sebagai finishingnya.

Interior
1.Untuk perawatan di dalam kabin, cara membersihkannya cukup sederhana. Semprotkan air hangat yang telah dicampur shampoo mobil, dan gosok dengan kain katun. Setalah itu, gosok lagi dengan kain bersih dan kering.
2.Jika noda membandel, Anda bisa menggunakan interior cleaner. Lalu, aplikasikan interior protector yang mencegah dashboard menjadi getas.
3.Musim hujan juga membuat kabin menjadi lembab. Mengatasinya, bersihkan dahulu kabin mobil. Selanjutnya, semprotkan cairan penetral lembab (odorless), lalu semprotkan pewangi kabin.
4.Di musim penghujan seperti ini, sebaiknya lepaskan dahulu pewangi kabin yang bersifat permanen (yang menempel di dashboard atau kisi-kisi AC). Bukanya apa, pewangi kabin model ini berpotensi membuat kabin kian lembab.

Demikian tips mencuci mobilnya semoga bermanfaat untuk anda. Baca juga info dealer suzuki cinere.

1 komentar:

Iwan Sudjatmiko mengatakan...

Membersihkan mobil sendiri selain menghemat juga hitung hitung olahraga ... :)

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat