Jumat, 18 Mei 2012

Populasi Dari Arwana Golden Red




Arwana Golden Red – Arowana (familia Osteoglossidae) atau yg kita kenal dgn nama ikan arwana ini tersebar di berbagai penjuru dunia. Populasinya terdapat di benua Afrika, Asia Tenggara, Australia hingga Amerika Selatan.

Ikan arwana sendiri merupakan ikan warisana purbakala yg masih hidup hingga zaman sekarang, Studi genetik dan temuan fosil menunjukkan, ikan ini setidaknya telah hidup di bumi sejak 220 juta tahun yg lalu.

Tuk ikan ikan arwana sendiri mempunyai banyak species: diantaranya : Arowana Asia (Scleropages formosus), Arowana Irian (Scleropages jardinii), Arowana Australia (Scleropages leichardti), Arowana Silver (Osteoglossum bicirrhosum), Arowana Hitam (Osteoglossum ferreirai)

Dari semua jenis dan variates ikan arwana diatas, kita akan sediki membahas jenis, ikan arwana golden red, tuk ikan arwana golden red ini merupakan Arwana Asia(Indonesian Golden Arwana). Varietas ini dijumpai di daerah Pekan Baru, Sumatera. Berbeda dgn Ikan Arwana Cross Back Golden.

warna emas pada verietas ini tidak akan berubah sampai melewati punggung namun hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut), atau lebih baik bisa mencapai baris ke lima. Sama halnya denganjenis cross back, warna dasar sisik ARWANA GOLDEN RED  bisa biru, hijau, atau emas. Begitu pula dgn warna bibir, ekor, dan sirip, kedua varietas ini memiliki keragaan yg sangat mirip. Arwana Golden Red muda memiliki warna lebih kusam dibandingkan dgn varietas cross back muda.

Arwana Golden Red  terbilang lebih kuat daya tahannya dibandingkan dgn IKAN ARWANA CROSS BACK GOLDEN dapat tumbuh lebih besar, dan juga lebih agresif. Populasinya  terbilang lebih banyak dibandingkan dgn IKAN arwana cross back golden, meskipun demikian tetap merupakan varietas yg dilindungi CITES.

arwana cross back golden secara fisik serupa  dgn ikan arowana golden red yg berasal dari negara indonesia. Perbedaan yg sangat mencolok dapat dilihat jika ukuran ikan sudah berukuran 20 cm lebih. Pada Ikan arwana cross back golden warna emas menutupi seluruh tubuh sampai ke bagian punggung ikan ditutupi oleh ring yg berwarna keemasan. Sedangkan pada golden red (ARWANA GOLDEN RED ) punggung nya tidak. berwarna keemasan tapi tetap hitam (kelabu).

Untuk mengenali ikan arwana cross back golden dan arwana golden red  pada ukuran kecil (10-12 cm) sulit dilakukan dan perlu kehati-hatian. Perbedaan harga juga sangat mencolok. Harga IKAN arwana cross back golden ukuran 12 cm dihargai lebih dari 10 juta, ukuran 20-25 cm berkisar 15-25 juta. Golden red berukuran 12 cm dibandrol berkisar 2 juta, sedangkan ukuran 20-25 cm dibandrol dengan harga 2.5-3.5 juta.



Info Terkait:

1 komentar:

Neno Lesmana mengatakan...

kalo banjar red dewasa apakah ga ada merahnya??
mohon infonya dong

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat