Selasa, 06 Maret 2012

Presentase Campuran Tembaga Pada Kerajinan Perak




Kerajinan Perak - Mungkin sekarang ini emas menjadi primadona dalam disamping sebagai investasi emas juga dapat dijadikan dengan perhiasan, namun untuk kerajinan tangan perak masih menjadi favorit disamping harga keindahan yang dihasilkan oleh perek tak kalah dengan emas

Dan biasanya dalam pembuatan kerajinan perak, presentase yang digunakana adalah 7,5% tembaga dana kadar peraknya 92,5%. Hal ini dilakukan agar perak yang dibuat tidak terlalu lemas dan agar tidak mudah rusak, dan biasanya alat-alat yang diperlukan dalam proses kerajinan perak adalah : Kompor perak, gunting, perak, tang jepit, pinset, perak murni, tembaga.

Dalam proses pembuatan kerajinan perak secara tradisional yaitu, untuk mencampur perak dan tembaga. Wajib untuk kedua bahan dipanaskan dengan api dari kompor yang menggunakan bahan bakar gas. prsoses layaknya tukang las tukang las. Namun  agar api bisa keluar, pengrajin yang membuat harus menginjak kompor tersebut. Api pun keluar menyemprot ke arah bahan hingga luntur.
lalu bahan dipotong berdasarkan kebutuhan akan kerajinan perak tersebut. contohnya untuk gelang, bahan itu dibentuk pipih dengan lebar 2-3 cm dan panjang sekitar 15 cm. Karena masih lentur,

bahan itu kemudian dibentuk melingkar seperti layaknya gelang. Untuk  sisi potongan itu diberi dasar kawat yang dilekatkan dengan lem pada bentuk gelang itu tadi. Untuk menghaluskan sambungan kawat dengan perak, kedua bahan juga dipatri sehingga melekat permanen. Baru kemudian gelang tesebut diisi dekorasi atau hiasan batu mulia atau hiasan lainnya sebagai aksesori.

kerajinan perak



Lalu setelah itu Bahan yang telah jadi  kemudian diampelas dan dibersihkan dengan asam jawa kemudian direndam dengan garam dan air yang mendidih. Selesai dibersihkan dengan air mendidih, bahan disikat untuk kemudian dikeringkan sampai tidak ada air sama sekali pada gelang. Untuk membuat agar mengkilap, bahan dipoles dengan mesin pemoles. Dan, barang siap dijual.
Dan biasanya Waktu yang dibutuhkan dalam proses kerajinan perak tersebut tergantung pada tingkat kesulitan desain dan model sebuah kerajinan perak tersebut.

Info Terkait:
Kerajinan Perak




Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat