Jumat, 02 Maret 2012

Maksud dan Tujuan Dari Tes Psikologi




Lowongan kerja – jika anda adalah job hunter mungkin sudah tidak asing lagi dgn tes psikologi atau lebih kita kenal dgn psikotest. Dimana dari test ini perusahaan dapat mengenal karakter dan kemapuan yg cocok tuk bekerja dalam kantornya.

Pada dasarnya model psikotest tetap sama namun cara penyajiannya saja berbeda tergantung tingkat kebutuhan dari perusahaan tersebut.
Sehingga biasanya model psikotest dapat dipahami dan dipelajari. Nah tuk memudahkan kita dalam mengerjakan soal-soal psikotest tersebut  ketika ada panggilan dari lowongan kerja, pertama-tama kita harus mengenal katagori dan jenis-jenis dari psikotest tersebut:

Berikut beberapa jenis dan katagori dari psikotest dalam lowongan kerja:

Pertama,  Tes IQ: pada umumnya soal-soal ini banyak tersedia di toko buku. Tes kecerdasan ini memasukan serangkaian soal matematika dalam istilah tesnya tes verbal dan non verbal. Angka & bahasa adalah bagian dari tes ini. apabila Anda senang dgn teka teki silang dan hitungan secara cepat maka Anda beruntung bisa lulus. Tapi yang perlu diketahui tes IQ memang dibuat standar agar bisa dilakukan setiap orang.

Kedua, Tes Kepribadian. Dalam psikotes ini, biasanya Anda akan diuji kepada serangkaian pertanyaan mengenai pelbagai dilema dalam pekerjaan, seperti bagaimana menghadapi konflik, bagaimana bekerja sama dan bagaimana solusi jika menghadapi suatu dilema. Dari sini dapat dikaji, seberapa jauh kemampuan Anda bekerja dalam tim dan apakah Anda termasuk orang yg hangat dalam pergaulan dan tidak kaku

Ketiga, Tes Kemampuan. Anda akan ditest dengan serangkaian tugas di bawah tekanan tinggi, jika Anda masih bisa melakukannya. Biasanya tes kemampuan ini mengkondisikan Anda dalam suasana penuh tekanan tetapi harus menyelesaikan soal dgn cepat. Bisa bentuknya angka atau permainana kata-kata. Bisa pula berupa grafik dan bentuk-bentuk tiga dimensi.

Keempat, Tes Kreatifitas. Biasanya Anda akan diminta menulis atau menggambarkan sesuatu. Pada salah satu tes Anda diminta melanjutkan gambar dari enam kotak yg sudah ada. Lanjutkan dgn ilustrasi yg baik semaksimal mungkin. Satu lagi tes final biasanya Anda diminta menggambar. Saya sarankan gambarlah orang yg sedang aktif bertindak, contohnya sedang lari sehingga terlihat aktif. Kata psikolog, orang yg seperti itu termasuk dinamis dan kreatif. Itu pendapat psikolog.


Info Terkait:




Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat