Rabu, 16 November 2011

Belajar Teknik Pengecatan Powder Coating

Kali ini adalah mbak Mira yang berasal dari PT. Lestari Raya Krumin Indo, ialah salah seorang wanita yang telah lama mendalamai dan sangat berpengalaman di dunia pengecatan property, ingin sedikit berbagi tentang teknik pewarnaan yang satu ini. Powder coating sepenuhnya adalah proses finishing kering. Yang terdiri dari partikel-partikel yang dihaluskan, seperti resin, pigmen, dan bahan baku lainnya yang diberikan muatan elektrostatis dan disemprotkan ke objek yang akan dilapisi atau di cat. Objek benda yang akan di proses dengan Powder Coating ini terlebih dahulu di bersihkan dari segala bentuk kotoran termasuk minyak dan debu dengan tujuan untuk mengurangi kegagalan dalam proses coating (pelapisan).

Terdapat 2 teknik pengecatan kering:

* Pencelupan > Benda yang akan di lapisi di celupkan kedalam bak yang berisi powder coating yang telah diberi muatan elektostatik.

* penyemprotan > Powder coating yang telah diberi muatan elektostatik di semprotkan kepada objek yang akan dilapisi.

Setelah benda melalui salah satu proses tersebut diatas kemudian benda yang telah terlapisi powder coating dimasukan kedalam oven, tujuannya untuk melelehkan dan menyatukan partikel bubuk sehingga membentuk lapisan-lapisan yang halus yang melapisi objek atau benda kerja.

Terdapat 2 jenis powder coating yang tersedia untuk melapisi permukaan suatu benda kerja:

* Thermo Plastik > Material bubuk ini akan mengalami pencairan jika benda kerja mendapat perlakuan panas,

* Thermosetting > Merupakan bahan yang kuat dan tidak akan mencair kembali walaupun benda kerja mendapat perlakuan panas.

Selama proses pengopenan reaksi kimia silang alkan terjadi karena dipicu oleh temperatur oven dan oleh karena reaksi kimia itulah yang memberikan banyak sifat unggul pada pelapisan atau pengecetan dengan menggunakan pengecatan metode kering (powder coating).

Pengecatan atau pelapisan dengan menggunakan metode pengecatan kering ini sering di gunakan/ diaplikasikan pada benda yang terbuat dari aluminium atau besi………Semoga Berguna

Info terkait - Lestari Raya Krumin Indo

2 komentar:

Agustian Sarwono mengatakan...

Pengecatan Yang Bener2 Oke,... !!!

ajat_betawi mengatakan...

Kalau mau dibuat sebagai usaha, berapa kira kira harga jual biaya pengecatan powder coating per m2?

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat