Tendangan Dasar Dalam Olahraga Futsal

Ada dua macam teknik futsal dasar menendang bola berdasarkan posisi bola. Menendang bola secara mendatar (ground kick) dan tendangan voli atau lambung (volley). Tendangan mendatar sangat identik dan sesuai dengan prinsip passing game. Sedangkan tendangan melambung biasanya dipakai sebagai variasi tendangan dalam mengumpankan bola kepada rekan setim.


Melakukan tendangan mendatar mempunyai tujuan yang berbeda yaitu menendang bola untuk mengoper, mengumpan, atau mencetak gol ke gawang lawan. Teknik bermain futsal ini dilatih secara rutin agar dapat menyesuaikan dengan situasi saat pertandingan. Teknik ini sepintas terlihat mudah tetapi harus dilakukan dengan cara benar.

Hal penting dalam melakukan teknik tendangan mendatar adalah penempatan posisi kaki tumpuan dan kaki penendang. Kaki tumpuan harus ditempatkan sesuai dengan gerakan menendang atau mengumpan. Maka dari itu, keseimbangan dan kelenturan kaki dilatih secara intensif agar menghasilkan tendangan akurat dan terarah.

Tendangan voli dalam hal ini tendangan salto (overhead kick) sering dianggap sebagai teknik yang sulit tetapi menghasilkan gol yang indah. Tendangan salto membutuhkan keseimbangan dan ketepatan meraih bola yang berada di udara. Pemain melakukan tendangan sambil menjatuhkan badan ke belakang. Terkadang pemain melakukan sedikit gerakan melompat untuk menambah tenaga tendangan.

Temukan info lebih lengkap seputar futsal

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tendangan Dasar Dalam Olahraga Futsal"