Pentingnya Kemasan Produk Sebagai Nilai Jual
Kemasan produk adalah bungkus yang melindungi produk. Kemasan ini berfungsi untuk menjaga keutuhan isi produk. Kemasan erat kaitannya dengan makanan
dan minuman. Apalagi jika Anda berbelanja ke pasar swalayan, yang paling banyak
terpajang adalah makanan dan minuman terkemas. Entah itu makanan matang,
mentah, atau buah.
Namun ternyata
tidak hanya makanan dan minuman saja yang membutuhkan perlindungan. Produk
lainya seperti peralatan sekolah, peralatan dapur, dan lain-lain juga
membutuhkan perlindungan. Produk-produk tersebut akan lebih terjaga dari
kerusakan. Produk yang terkemas akan memudahkan produsen saat pendistribusian.
Saat barang
tidak sengaja dibanting akan tetap menjaga keutuhan produk. Kemasan produk dapat meminimalisir
terjadinya benyai pada barang. Apalagi jika Anda menggunakan bahan kemasan yang tepat sesuai dengan produk
Anda. Khusus untuk produk selain makanan, pasti memiliki jenis kemasan produk yang berbeda. Kemasan produk lebih kuat dan terkadang
memiliki sifat elastis. Karakteristik tersebut bertujuan untuk menghindari
terjadinya goresan antarproduk.
Meskipun sampai
saat ini kemasan produk memiliki
berbagai desain menarik, masih ada produsen yang mempertahankan kemasan polos tanpa sentuhan desain
sedikit pun. Padahal, kemasan yang
menariklah paling banyak dicari pelanggan. Kemasan
yang menarik juga berfungsi sebagai media pemasaran.
Fungsi kemasan sebagai media pemasaran
1.
Konsumen akan bersedia membayar lebih mahal untuk penampilan dari
kemasan yang lebih baik
2.
Kemasan produk juga akan membuat perusahaan
dan brand image lebih dikenal cepat
ke masyarakat luas
3.
Kemasan dapat menjadi inspirasi kreator
atau konsumen berinovasi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak antara
konsumen dan produsen
Kemasan Produk makanan dan kemasan minuman juga memiliki manfaat
untuk konsumen lho. Melalui kemasan,
konsumen bisa melihat spesifiasi dari produk. Misalnya produk susu, konsumen
akan mengetahui informasi berapa usia yang cocok untuk memanfaatkan susu
tersebut. Konsumen juga akan diberitahu takaran sendok susu per gelasnya.
Dengan informasi tersebut, konsumen akan lebih tahu cara memanfaatkan susu
sesuai takaran.
Selain itu, kemasan makanan biasanya juga
menyajikan kandungan dalam produk. Konsumen yang kritis pasti akan
memperhatikan kandungan, misalnya orang yang sedang melakukan diet. Setiap
detail kandungan pun akan diperhatikan secara teliti.
Begitu pula
dengan produk bukan makanan, dapat kita ambil contoh spesifikasi pada kemasan handphone. Kemasan produk
tersebut akan memberikan beberapa kelebihan dari handphone, seperti kamera, penyimpanan memori, kualitas musik dan
video, dan sebagainya. Sangat bermanfaat bukan kelebihan-kelebihan tersebut
dengan menggunakan kemasan?
Berdasarkan
struktur isinya, kemasan dibagi
menjadi tiga, yaitu kemasan primer; kemasan sekunder; dan kemasan tersier dan kuarter. Kemasan primer adalah bahan kemasan
yang melapisi produk secara langsung, misalnya susu kaleng, botol minuman, dan
lain-lain.
Kemasan sekunder memiliki fungsi melindungi kelompok kemasan lainnya. Misalnya, kotak karton untuk wadah susu kaleng,
peti kayu sebagai wadah buah-buahan yang dibungkus. Sedangkan kemasan tersier dan kuarter kemasan yang ditujukan untuk menyimpan,
pengiriman, atau identifikasi. Kemasan
ini biasanya digunakan sebagai pelindung saat pengangkutan.
Sedangkan
berdasarkan frekuensi, kemasan
terbagi menjadi tiga, yaitu kemasan
sekali pakai, kemasan yang dapat
dipakai berulang kali, dan kemasan
yang tidak dibuang. Kemasan yang
sekali pakai biasanya seperti bungkus plastik, karton dus, dan makanan kaleng.
Kemasan yang dapat digunakan berulang kali seperti botol minuman dan botol
kecap. Kemasan ini tidak dibuang
konsumen, tetapi dikembalikan lagi ke agen atau distributor untuk dimanfaatkan
ulang oleh pabrik. Sedangkan kemasan
yang tidak dibuang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan di rumah. Misalnya,
seperti kaleng biskuit, berbagai jenis botol, dan lain-lain.
Itu dia
berbagai penjelasan mengenai kemasan
produk. Sudah tahu dong pentingnya kemasan
untuk produk kita? Bagi Anda seorang produsen, kembangkan terus desain
menarik untuk penjualan produk yaa! Dijamin, produk Anda akan selalu dicari.
0 Response to "Pentingnya Kemasan Produk Sebagai Nilai Jual"
Posting Komentar