Plastik Vakum Kemasan : Menjamin Makanan & Bahan Makanan Awet Total!

Plastik Vakum Kemasan


Plastik Vacuum Sealer atau yang biasa yang lebih di kenal dengan Plastik Vakum, merupakan salah satu jenis plastik yang sangat terkenal di pasaran. Fungsi dari kemasan yang satu ini memang tak bisa di pandang sebelah mata lho, clean dan safety itulah kelebihannya. Plastik Vakum sendiri memang akan lebih optimal di gunakan dengan mesin Vacuum Sealer kemasan khusus. Dengan menggunakan mesin vacuum sealer untuk kemasan, anda sudah bisa menyimpan apapun baik itu makanan, benda” sensitive dan cairan dengan metode yang lebih aman dan nyaman.


Plastik vacuum sealer dapat melindungi material apaun yang mempunyai tingkat kesensitifan tinggi terhadap cuaca dan kondisi ruang. Produk kemasan plastik vakum biasanya terdiri dari 3 bentuk, yaitu bahan plastik LDPE, PED, dan Nylon yang telah dilaminasi ketiga sisinya atau three side seal sehingga dengan keadaan demikian dapat dengan mudah menyimpan makanan dan bahan makanan dalam keadaan kedap udara yang akan memaksimalkan ketahanan dari produk makanan untuk dijual dalam keadaan masih berkualitas tinggi dan mampu memberikan kepuasan kepada konsumen karena makanan yang ada pada kemasan benar benar masih fresh atau eatable.

Plastik kemasan Vacuum sendiri lumrah di gunakan dalam Industri dan bisnis kuliner makanan mentah dan makanan jadi (camilan). Karena kelebihannya dapat melindungi isi kemasan tanpa terpengaruh oleh kondisi cuaca dan lingkungan. Seperti yang kita tahu udara bebas yang bersirkulias di sekitar kita mengandung aneka jenis zat dan bakteri yang dapat mempengaruhi bahan makanan. Bakteri dan Jamur merupakan 2 hal penting yang paling menakutkan dalam bisnis makanan mentah dan siap saji. Keduanya mampu menyebabkan makanan membusuk dalam tempo yang relative singkat. Terlebih lagi jika kondisi ruang dan temperaturnya lembab, maka bisa di pastikan pembusukan yang terjadi menjadi 2x lebih cepat.

Sebenarnya ada 4 cara paling sederhana untuk membuat makanan menjadi lebih awet dan tahan lama.

  • Pengeringan
Metode ini bisa dibilang yang paling mudah di lakukan, hanya saja sangat terbatas untuk beberapa bahan makanan tertentu. Contoh ikan, cumi dan bahan makanan yang di keringkan lainnya yang akan di goreng.
  • Di Dinginkan
Lemari pendingin/Refigerator atau yang biasa di sebut dengan kulkas merupakan salah satu alat yang bisa membuat bahan makanan anda menjadi lebih tahan lama dan segar. Hanya saja pada metode penyimpanan ini masih juga dapat terjadi penjamuran dan pembusukan secara tidak langsung. Hal ini di sebabkan bahan makanan masih terpapar oleh zat lain yang ada di dalam kulkas/chiler. Jadi penyimpanan dalam lemari es hanyalah untuk memperlambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang ada pada makanan.
  • Bahan Pengawet.
Bahan pengawet merupakan salah satu jenis metode pengawetan bahan makanan secara kimiawi. Metode ini memang di anggap cukup ampuh dan efektif membuat bahan makanan bertahan secara lama. Hanya saja tanpa kita sadari bahan kimiawi yang di gunakan otomatis terkonsumsi oleh tubuh kita. Hal ini tentunya tidak bagus untuk kesehatan tubuh, karena dapat menyebabkan fungsi Hati dan ginjal menjadi menurun dan menyebabkan kanker. Jika anda ingin menggunakan pengawet pada makanan, maka anda bisa mencobanya dengan zat lain seperti Garam dan Gula
  • Penyimpanan Kedap Udara.
Nah inilah metode yang di anggap paling relevan, aman, bersih dan sehat! Metode ini menggunakan media penyimpanan lain seperti Plastik Vakum sealer sebagai pelindungnya. Makanan / bahan makanan yang di kemas menggunakan Plastik Vacuum sudah dapat di pastikan aman. Plastik ini bekerja melindungi isi kemasan dari Udara,Air,Panas, Bakter,Debu,dll. Menggunakan metode sealer yang di panaskan, tentunya akan membuat partikel debu/udara tak akan mudah masuk ke bagian dalam kemasan. Selain itu metode Vacuum Suction (penghisapan) udara di dalam kemasan juga di lakukan secara mekanis menggunakan alat. Jadi sudah di pastikan kemasan yang anda gunakan akan hampa udara, hal ini membuat bakteri,kuman ataupun jamur tak akan mampu berkembang biak dalam waktu yang sangat amat lama.

Jadi bisa dibilang Plastik Vakum Sealer merupakan cara paling ampuh dan jitu untuk melindungi makanan/bahan makanan anda di rumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Plastik Vakum Kemasan : Menjamin Makanan & Bahan Makanan Awet Total!"