Si Cloud yang Modern

Pc server terbaik -  Mungkin banyak orang yang bertanya tanya tentang teknologi terbaru ini. Nama cloud akhir-akhir ini memang menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan bagi para Teknologi Lover. Tapi tahukah anda apa itu cloud ?

Cloud atau yang biasa disebut dengan cloud computing merupakan teknologi penggabungan antara teknologi komputer (computasi) dengan internet (awan) sehingga internetlah yang menjadi pusat server. Prosesnya juga terjadi di dalam awan loh teman-teman :). Jadi informasi secara permanen tersimpan di internet (SERVER) dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (CLIENT).

Si Cloud yang Modern 




Data yang disimpan ke dalam server yang bersifat permanen memilki arti bahwa semua pengguna dapat mengakses data tersebut secara bersamaan. Saat ini perusahaan-perusahaan besar pun sedang menggunakan teknologi ini, agar setiap penggunanya dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja tanpa adanya batasan waktu, asalkan yang terpenting adanya KONEKSI INTERNET.

Lalu bagaimana cara kerja cloud? cloud bekerja untuk meringankan pekerjaan komputer lokal ketika menjalankan aplikasi yang dibutuhkan. Cukup menginstall satu aplikasi dalam satu sistem operasi saja. Jaringan computer lah yang akan membentuk cloud (internet) ini.

Saat pengguna mengakses internet, IP (Internet Protocol) menetapkan dimana pengguna berada (geolocation). Domain Name Server (DNS) mengarahkan pengguna ke sebuah cluster server yang dekat dengan pengguna sehingga situs bisa diakses dengan cepat dan sesuai dengan bahasa di lokasi mereka.

Pengguna tidak login ke server, tapi mereka cukup login menggunakan ID Sesi atau Cookie yang telah didapat dari browser mereka. Apa yang dilihat user merupakan tampilan dari Web Server. Web Server juga mengumpulkan perintah atau instruksi dari user seperti mengklik, mengetik, mengupload dan yang lainnya.

 Perintah-perintah ini lalu diproses di server aplikasi menjadi dalam bentuk data. Kumpulan data yang dibutuhkan user diambil dari database server. Lalu ditampilkan ke user dengan halaman web yang telah diperbaharui.

Salah satu contoh teknologi cloud ini adalah ViBiCloud.  Jadi, manfaatkanlah teknologi yang sedang berkembang saat ini ^_^ karena pasti tujuannya untuk mempermudah pekerjaan kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Si Cloud yang Modern"