Bingung Pilih Hard Disk Eksternal? Yuk Baca Tips Ini!

Hard Disk eksternal saat ini sudah jadi kebutuhan bagi pengguna laptop, karena semakin meningkatnya kebutuhan untuk penyimpanan data baik berupa dokumen, foto, video dan file lainnya.

Selain Hard disk, alternative lain untuk menyimpan data adalah Cloud Storage yang mulai di gunakan oleh pengguna PC atau Android sehingga makin banyak layanan Cloud Computing Indonesia.

tips memilih hard disk eksternal 

Bagi kamu yang ingin membeli Hard Disk eksternal tentu harus tahu sedikit banyak bagaimana cara memilih yang tepat. Karena jika salah pilih hard disk, tentu akan berakibat fatal, karena data penting di dalamnya akan hilang.

Dibawah ini ada beberapa tips memilih Hard Disk eksternal yang bagus untuk kamu:

- Belilah Hard Disk eksternal yang memiliki merek dan reputasi yang bagus, hal ini bisa kamu cari tahu dengan bertanya di beberapa forum aktif yang membahas seputar Komputer. Selain itu kamu juga bisa bertanya kepada teman atau saudara yang sudah menggunakan merek tersebut.

- Sistem Windows atau OSX, jika kamu menggunakan sistem operasi Windows pilihlah Hard Disk eksternal dengan format NTFS, sedangkan untuk OSX kamu bisa memilih Hard Disk dengan format HFS.

- Kapasitas Hard Disk juga dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan, jika untuk keperluan foto dan video, gunakanlah hard disk berukuran besar misalnya 500 GB atau 1TB. Semakin besar kapasitasnya juga semakin tinggi harganya.

- Kecepatan rotasi jadi factor penting, karena semakin tinggi kecepatannya semakin cepat dalam membaca data. Ukuran kecepatan ada beberapa pilhan seperti 5400 Rpm, 7200rpm dan 10.000 rpm.

- Konektivitas pada hard disk pada computer juga diperhatikan, misalnya port USB 3yang lebih cepat dan mudah terbaca  daripada port USB 2.0. Sedangkan yang terbaru adalah port thunderbolt yang mampu menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat ketimbang USB 3.0. Namun harga hard Disk dengan port ini masih tergolong mahal saat ini.

- HDD Enclosure merupakan cover hard disk eskternal yang berfungsi untuk melindungi dari benturan. Jika hanya digunakan untuk dirumah atau dibawa ke kantor gunakan pelindung dari bahan biasa, namun jika sering bepergian atau traveling, bisa gunakan pelindung daru bahan karet, karena lebih aman dan tidak cepat rusak.

- Fitur keamanan juga penting seperti adanya password protection dan juga fitur backup yang sangat berguna. Cek juga fitur terbaru lain yang bisa disesuaikan dengan keperluan kamu sehari-hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Pilih Hard Disk Eksternal? Yuk Baca Tips Ini!"