Merubah Limbah Plastik Kemasan Menjadi BBM

Plastik kemasan – Bisa dibilang di muka bumi ini material yang saat ini paling sering di gunakan dan di manfaatkan adalah Plastik! Plastik memang sejatinya merupakan salah satu material yang paling gampang di olah dan sangat fleksibel sifatnya, dari bahan plastik ini bisa di bentuk dan di olah menjadi berbagai bentuk barang konsumsi seperti kebutuhan rumah tangga,kebutuhan industri, bidang kuliner hingga bagian terkecil dalam bidang ilmu pengobatan / astetik. Oleh karena banyak di gunakan dan di manfaatkan dalam berbagai jenis kebutuhan, maka bisa dibilang limbah / sampah yang berasal dari plastik pun terhitung sangat banyak dan menempati rangking teratas dalam urusan penghasil limbah harian terbanyak! Oleh karena itu jika limbah plastik terus menerus di kumpulan maka sudah bisa dibayangkan daratan di bumi ini akan penuh dengan sampah plastik.


Nah baru-baru ini ada sebuah metode sederhana untuk memanfaatkan limbah plastik menjadi sebuah zat yang terbilang berguna bagi hajat hidup orang banyak, metode itu memanfaatkan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak yang berguna. Mengolah sampah plastik sendiri tergolong sangat mudah dan cepat, tak perlu pelatihan khusus dalam mengolah sebuah sampah plastik hingga menjadi bahan bakar minyak. Metode yang di gunakan sendiri masih tergolong sederhana yakni dengan mencacah sampah-sampah Plastik kemasan dan memasukannya ke dalam drum lalu di bakar. Hasil pembakaran berupa asap pekat lantas di dinginkan hingga menjadi uap air, nah uap air inilah yang nanti menetes melalui lubang dan di tampung lalu di endapkan hingga menjadi minyak. Hasilnya sendiri tidak sia-sia lho, karena dari hasil pembakaran tadi, di dapatkan sebuah bahan bakar minya yang bisa di gunakan untuk memasak dengan kompor minyak tanah.

Nah bagi yang kreatif juga dapat memanfaatkan limbah plastik ini sebagai mata pencaharian mereka, minyak hasil pembakaran sampah plastik ini bisa di jual antara 5000-6000 rupiah per liternya. Sebagai hitung-hitungan sederhana, 1 kg sampah plastik kemasan dapat di rubah menjadi 0.7-0.8 liter minyak lho,yang perlu di ingat adalah bahan untuk membuat BBM alternatif ini hanya bisa menggunakan Plastik kemasan lembaran saja, bukan plastik PVC atau plastik organik biasa. Tertarik untuk mencoba mengolah sampah limbah plastik kemasan??

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merubah Limbah Plastik Kemasan Menjadi BBM"