Tips Cara Membuat Mesin Hand Sealer Sederhana

Pasti anda sudah tahu bukan apa itu Hand Sealer? Ya hand sealer adalah salah satu alat pengemas plastic yang bekerja menggunakan energy panas. Energi panas di hasilkan dari energy listrik yang di ubah menggunakan komponen elektronika, dari komponen elektronika tersebut menghasilkan energy panas yang di rambatkan pada logam element. Nah logam elemen tersebut di lapis oleh bahan Teflon anti lengket kemudia di rekatkan dengan plastic kemasan menggunakan metoda Pressing / Tekan.  Sehingga akan tercipta proses pembakaran lapisan plastic menjadi lunak dan rapat di karenakan efek induksi panas yang di hasilkan oleh elemen, Sederhana bukan cara kerja mesin hand sealer.



Lantas apakah mesin tersebut bisa kita buat sendiri di rumah? Bisa saja, mudah kok! Yuk simak artikel ini karena akan di bahas bagaimana membuat mesin hand sealer sederhana :
Bahan :

  • ·         Alat Catu Daya / Traffo 12Volt : Alat ini di gunakan untuk mengasilkan energy panas, seperti yang telah di jelaskan bahwa energy panas di hasilkan dengan trafo melalui proses konversi dari tenaga listrik menjadi panas. Di sarankan menggunakan Power Supply/Adaptor sebagai pengganti trafo apabila barang yang di ganti memang sulit di dapatkan.
  • ·         Box/Housing : Di gunakan untuk merakit komponen elektronik pemanas seperti Traffo, Panel Listrik, Lampu indicator hingga switch, sehingga rangkaian elektronikanya akan terasa aman dari jangkauan tangan
  • ·         Elemen Pemanas: Element penanas yang di gunakan disini tentu saja haruslah berbahan dasar logam, tetapi tidak sembarangan logam dapat di gunakan. Disarankan kawat Nikelin, karena kawat nikelin menghasilkan panas sehingga dapat melekatkan plastik yang ditempatkan di atasnya. Kawat nikelin yang digunakan bisa dalam berbagai ukuran tergantung spesifikasi alat.
  • ·         Handle/Gagang Penekan :  handle/gagang merupakan hal yang cukup penting, karena tanpa batang penekan/handle anda tak akan bisa melakukan proses pressing/penekanan dengan sempurna.
·         Saklar : Berfungsi untuk menyambungkan dan memutus arus listrik ke komponen elektronik, dengan menggunakan saklar ini maka hand sealer yang anda buat akan lebih aman

  • ·      Komponen Elektronik : Komponen listrik yang di gunakan terdiri dari beberapa jenis seperti Trafo, Saklar,Kabel”,Lampu indicator/led,Switch,
Berikut sedikit penjelasan lewat gambar :




Dari penjelasan bahan-bahan di atas maka bisa dibilang cukup mudah bukan membuat mesin Hand Sealer sederhana di rumah, ok di artikel selanjutnya akan coba di bahas bagaimana membuat/merakit hand sealer dengan bahan-bahan yang sudah di sebutkan di atas.

Oke sampai berjumpa di artikel selanjutnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Membuat Mesin Hand Sealer Sederhana"