Tips Menghadapi Ketatnya Persaingan Dalam Usaha UKM



Kemasan UKM – Menjalankan usaha ukm pada hakikatnya akan banyak sekali menemui kendala dan rintangan yang menghadang, salah satunya hal yang paling sederhana adalah munculnya kompetitor yang mempunyai niche market sama dengan bidang UKM yang kita geluti. Nah oleh sebab itu kita pun di tuntut harus tampil beda dan berani dalam menghadapi para kompetitor yang bermunculan di bidang usaha kita. Nahg berikut ini ada kiat penting yang bisa anda coba untuk menghadapai para kompetitor anda, silahkan di simak : 

  • Mengerti Konsep Usaha Kita : ini adalah hal dasar yang harus anda ketahui sebelum anda coba terjum ke bisnis UKM yang telah banyak pesain di dalamnya. Anda harus membekali diri anda terlebih dahulu dengan ilmu yang cukup mengenai konsep bisnis yang anda usung. Jangan sampai anda salah ketika telah memulai semuanya karena anda tak cukup kuat dan mempunyai pengalaman di bidang tersebut, sehingga kompetitor dapat dengan mudah mengacak-acak jatah bisnis UKM anda.
  • Pelajari Strategi Pesaing / kompetitor : Mempelajari gerak gerik kompetitor merupakan salah satu usaha lanjutan yang bisa anda lakukan. Pelajari strategi merketing yang mereka usung, target pasarnya, kelebihan yang di tawarkan, dan yang tak kalah penting adalah set pricing / harga dari produk yang di tawarkan oleh kompetitor apakah sebanding atau tidak dengan yang kita punya
  • Amati, Pelajari Dan Berinovasi : seperti hal di atas bahwa tidak ada salahnya kita belajar dari para kompetitor kita di lapangan, karena dengan begitu kita akan menemukan ceruk pasar bisnis baru yang bisa kita masuki, terkadang dengan mau belajar terhadap produk yang di tawarkan konsumen kita bisa membuat semacam inovasi dan pembeda. Sehingga produk kita di anggap bisa lebih bernilai di mata konsumen.
  • Persaingan Harga : Hal ini tentunya sudah tak terelekan lagi untuk anda pahami, dimana harga yang murah merupakan suatu ancaman untuk keterlangsungan bisnis UKM anda, jangan terlalu mengikuti apa yang kompetitor lakukan dalam menentukan harga, tetapi anda harus mampu melihat setiap parameter yang ada dalam produk anda. Sehingga harga terbaik dan kompetitif bisa anda tentukan sendiri.
  • Packaging & Marketing Yang Menarik : semua pasti setuju yang namanya Kemasan UKM merupakan hal yang cukup paling di perhatikan, mengapa? Karena hampir setiap Kemasan UKM itu terlalu flat dan biasa. Nah dengan mau memodifikasi sedikit kemasan ukm anda pastinya produk anda akan mempunyai value lebih di mata konsumen.
  • Nah kesemua point-point penting di atas bisa anda terapkan satu persatu demi melawan saingan bisnis anda,  tidak ada yang tidak menguntungkan dalam dunia bisnis kecuali jika kita tak ingin berusaha yang penting apa yang kita jual bisa di terima dengan baik oleh para konsumen semua golongan.
Semoga berguna

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Ketatnya Persaingan Dalam Usaha UKM"