Selasa, 17 April 2012

Mengenal Sistem Dan Cara Kerja Genset






Mesin Genset – Ketika listrik dari PLN mati mungkin lilin menjadi solusi banyak orang, namun pencahayaan lilin dirasa kurang, kini banyak orang melirik genset sebagai media cadangan jika sewaktu-waktu listrik dari PLN padam.

Lalu apa sebenernya genset itu?  Dan bagaimana cara kerja mesin genet ? Sebelum mengenal genset kita mencoba mengenal  terlebih dahulu generator, alat Generator ialah sebuah mesin yang mampu mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik dgn proses induksi elektromagnetik. Generator ini memperoleh  energi mekanis dari prime mover. Generator arus bolak-balik (AC) popular disebut dgn sebutan alternator. Generator didesain tuk mempu mensuplai tenaga listrik pada saat terjadi gangguan, dimana suplai tersebut digunakan tuk beban prioritas.

Sekarng kita mengenal genset (generator set) sendiri  bagian dari generator. Genset ialah  suatu alat yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Genset atau sistem generator penyaluran adalah suatu generator listrik yang terdiri dari panel, berenergi solar dan terdapat kincir angin yang ditempatkan pada suatu tempat.

Genset mampu digunakan sebagai sistem cadangan listrik atau "off-grid" (sumber daya yang tergantung atas kebutuhan pemakai).  Genset dipakai oleh rumah sakit dan industri yang menginginkan  sumber listrk yang besar dan relaif stabli,

Generator terpasang satu poros dgn motor diesel, yang biasanya memakai generator sinkron (alternator) pada pembangkitan. Generator sinkron mempunyai dua bagian utama yaitu: sistem medan magnet dan jangkar. Generator ini kapasitasnya besar, medan magnetnya berputar karena terletak pada rotor.

Info Terkait:

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat