Teknik Dasar Membuat Sulaman Pita

Cara melakukan sulam pita yang diajarkan:

1. Siapkan gambar bentuk sulaman yang akan kita isi dengan benang atau pita.

2. Jenis
kain sulam pita yang digunakan sebagai bahan, pilih yang tidak mudah koyak/sobek.

3. Kain Katun enak dipakai, gampang ditembus jarum dan pita. Jika menggunakan kain sutera sebaiknya pilih pita yang berbahan sutera juga.

4. Pilih bahan pita yang sesuai dengan rencana bentuk gambar, biasanya pita yang berukuran 2, 4, 7 dan 13 mm. Jenis pitanya ada: pita sutera (ringan, tekstur halus dan lembut), pita satin (campuran sutera dan serat sintetik) lebih tebal, mengkilat dan lembut), serta pita organdi: (berserat jarang dan tembus pandang).

5. Pilih jarum yang dapat membawa pita menembus kain. Pilih ukuran lubang mata jarum yang sesuai dengan bahan dasar pita. Jika memakai pita sutera gunakan jarum ukuran lubangnya besar supaya pitanya mudah masuk dan tidak berkerut.

6. Setelah bahan-bahan tersebut siap, kamu bisa mulai menyulam mengikuti bentuk gambar maupun
motif sulam yang ada.

7. Sebagai tambahan digunakan benang jahit untuk memantapkan posisi pita dengan mengikat atau menjahit pita. Kegunaan lainnya dari benang jahit untuk memantapkan bentuk bunga, melengkapi bentuk putik, tulang daun dan tangkai.

Tips Untuk Menyulam Pita

* Pakailah pita yang pendek, ukuran pajang 30 sentimeter untuk menghindari kerusakan.

* Jarum yang digunakan memiliki mata lebar sehingga dapat membuat lubang kain yang lebih lebar.

* Untuk membuat penampilan pita supaya utuh dan tidak berkerut, sebaiknya membuat tusukan yang lebih lebar dari pitanya.

* Buatlah dengan tarikan halus agar bentuk tusukannya terlihat lebih penuh dan menonjol serta tidak kehilangan bentuknya.

* Untuk menjaga agar bentuk tidak lepas atau rusak, pada waktu memulai dan mengakhiri
sulaman pita, perlu menyisakan sedikit pita sekitar 1 cm di belakang gambar sulaman.

* Jangan mengakhiri sulaman dengan simpul karena akan mudah lepas dan meninggalkan bentuk pita yang menonjol.

* Mantapkan posisi pita dengan menyelipkan di antara tusukan pita atau jahit sedikit dengan benang jahit.

* Menjaga pita supaya tidak melintir, jaga pita di bagian bawah kain kemudian pada bagian permukaan letakkan tusuknya rata dengan kain, rapikan pitanya dan selama menarik pita tahan dengan jempol tangan. Jangan sampai
motif sulam, motif sulam pita menjadi rusak.

* Tusukkan ujung jarum di sekitar pita, hindari tusukan yang menembus pita atau simpul yang ada di bagian bawah kain. Jika terjadi pada tusuk yang baru dibuat sebelumnya, akan merusak tusuk tersebut .

* Gunakan jempol dan telunjuk tangan yang bebas untuk menahan tusukan yang sudah dikerjakan. Ini membantu mencegah tusuk sebelumnya menjadi terdorong sangat kencang (tegang) dan rapat, sehingga malah menjadi tampak kusut. Pita yang tebal cenderung membentuk tusuk lebih lebar. Ini dapat disiasati dengan menarik tusuknya lebih ketat.

http://bungasempurna.blogspot.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Sulam Pita - Sulaman Pita - Kain Sulam Pita - Kain Sulam - Motif Sulam Pita - Motif Sulam - Baju Sulam Pita - Baju Sulam - Motif Kain hanya di Kain Sulam Pita: Motif Sulam Pita& Baju Sulam Pita- Baju Sulaman Tangerang pada 88db.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Membuat Sulaman Pita"