Apa Sih Rak Server itu?



Harga rack server 20u - Rak server adalah semacam rak yang dapat digunakan meletakkan berbagai jenis  komputer server. Rak ini pun terbuat dari beberapa  bahan besi dan terdiri dari banyak rak yang dapat memuat banyak server. Untuk menahan setiap server dengan aman, rak khusus penyimpanan server ini dirancang dengan banyak slot dudukan serta baut – baut pengunci yang membuat setiap server bisa ditempatkan dengan aman tanpa geseran sedikitpun.

Dalam sebuah rack tunggal terdapat beberapa rack server yang ditumpuk diatasnya.  Sumber daya jaringan yang lain juga ikut terkonsolidasi hingga mengurangi ruang lantai sesuai yang diperlukan. Konfigurasi rack server juga bermanfaat untuk menyederhanakan pemasangan kabel antara komponen jaringan yang lain, Selain itu, penggunaan rak server ini juga dapat membantu memaksimalkan penggunaan tempat untuk menyimpan server dalam jumlah yang banyak.

Sebagai tempat untuk menata berbagai server, ada dua hal utama yang dapat ditempatkan di dalam sebuah rak server, yaitu Passive Devices dan Active Devices

  • Active Devices: komponen ini terdiri dari beberapa komponen lain seperti server, UPS, storage, EMS dan juga network devices. Network devices ini sendiri juga memiliki beberapa komponen seperti Media converter, switches router, bandwith management, firewall, modem, KVM switch atau KVM drawer. 


  • Passive Devices; komponen ini merupakan material utama di dalam sistem kabel yang terdiri dari Horizontal Copper, kabel utp, dan Patch Cord dan juga berbagai aksesoris yang terdiri dari Copper Patch Panel, wiring management, dan FO Rackmount Enclosure.


Secara umum rack server dibagi menjadi 3 jenis diantaranya:


  •  WALLMOUNT RACK

Jenis tipe rack server yang biasanya digunakan untuk penyimpanan segala perlatan networking termasuk diantaranya switch hub, modem, dan peralatan networking lainnya. Biasanya wallmount rack ini memiliki 1 pintu atau juga 2 pintu. Tapi untuk model dan desainnya cukup sederhana.

  • CLOSED RACK

Closed Rack merupakan tipe rack server yang tertutup yang dilengkapi dengan ventilasi double roof fan, dengan menggunakan pintu kaca dab penutup samping berbahan metal galvanis yang kuat dan kaku sehingga mampu kuat menahan beban sampai 50 kilogram lebih. Hal ini membuat closed rack menjadi tipe rack server yang kuat dan aman.

  • OPEN RACK

Kebalikan dari closed rack, tipe rack server open rack menjadi tipe yang paling sederhana dimana dalam penempatan segala peralatan jaringan lebih tertata dan sederhana. Sehingga harga open rack server lebih murah dibandingkan dengan harga closed rack. Tapi rack server tipe ini sangat cocok digunakan pada perusahaan perusahaan kecil untuk membantu penyimpanan data data penting perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Sih Rak Server itu?"