Kiat-kiat Pilih Jenis Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda

Harga Server unbkPada saat mulai merintis usaha startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal ini bisa menjadi satu elemen penting yang menentukan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Menurut yang wajib dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan ragam server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk kebutuhan rumit, menengah, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat memutuskan macam server yang tepat untuk bisnis  Anda.

Kiat-kiat Pilih Jenis Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat klasifikasi, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini lazim diaplikasikan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai sebab wujudnya yang tipis dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna laptop antara 20 sampai seratus orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan server macam entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga back up untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa menjalankan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, membatasi cara pembagian data, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga bisa menampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server macam ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun begitu server macam ini memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan tipe ini tersambung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menggunakan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka jikalau ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini cocok untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, situs informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server paling tinggi. Server ini dapat menciptakan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini umumnya digunakan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server bisa berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berpengaruh pada daya kerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi pekerjaan user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-kiat Pilih Jenis Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda"