Langkah Aman Pengolahan dengan Mesin Pembuat Es Batu



Langkah Aman Pengolahan dengan Mesin Pembuat Es Batu

Mesin pembuat es batu merupakan langkah otomatis untuk mencetak es batu. Es batu identik dengan cetakannya dan freezer. Namun, dengan mesin pembuat es batu Anda tidak perlu lagi menggunakan freezer. Di dalam mesin ini sudah terdapat pengaturan cetak dan secara otomatis mengubah air menjadi es batu. 


Es batu sering dimanfaatkan untuk menambah kesegaran minuman. Selain es batu, banyak minuman botol dingin yang dijual bebas. Namun, sensasi mengunyah es batu setelah selesai minum tidak dapat dimungkiri. Itu alasannya banyak orang yang memilih minuman dengan campuran es batu.
Selain itu, sering terlihat pula minuman yang sudah dingin, namun ditambah lagi dengan es batu. Waah semakin segar bukan? Di sisi lain, proses pembuatan es batu seakan diabaikan. Para pembuat es batu tidak memperhatikan dan asal memilih air. Bahkan sempat terdengar kabar jajanan pinggir jalan mengolah es batu dengan air sungai.

Bahaya es batu olahan air sungai
Meskipun melakukan penyaringan, rasanya tidak pantas menggunakan air kotor untuk dikonsumsi bukan? Air sungai sendiri merupakan hasil buangan dari berbagai sumber, seperti kotoran manusia, limbah pabrik, sampah rumah, dan lain-lain. Coba bayangkan sungai dengan berbagai sumber kotoran tersebut diolah menjadi es batu? 

Para pembuat es batu yang seperti inilah tidak memikirkan kesehatan para konsumen, tetapi hanya ingin mengambil keuntungan semata. Akhirnya yang terkena imbas konsumen. Konsumen tidak tahu-menahu kandungan es batu. Bagi konsumen rasa dan kesegaran minumanlah yang penting tanpa memikirkan olahan lainnya. 

Es batu yang berasal dari air sungai tersebut terjangkit bakteri Coliform atau yang biasa disebut Ecoli. Bahaya mengonsumsi es batu ini dapat menyebabkan keracunan bahkan berakibat kanker. Untuk menjernihkan air sungai, para pedagang mengguanakan campuran kimia seperti kaporit, soda api, tawas, dan anti-foam. 

Es batu yang berasal dari air sungai ini biasa digunakan untuk kebutuhan industri. Namun disalahgunakan pedagang untuk dikonsumsi pelanggannya. Setelah dijernihkan, es batu balok tersebut diangkut menggunakan truk. Sedangkan truk tersebut terkadang kurang diperhatikan kebersihannya. Alhasil, es batu semakin terkontaminasi. 

Konsumen yang merasa dirugikan akan melapor ke pihak yang berwajib. Jika terbukti pedagang tersebut bersalah, siapa yang akan rugi? Tentu Anda sebagai pedagang akan kehilangan pekerjaan karena membuat konsumen merasa tidak nyaman. Selain itu, kepercayaan pelanggan Anda akan menurun. Untuk membangkitkan kepercayaan lagi pun akan sulit.

Lalu bagaimana cara mengantisipasinya?
Cara mengantisipasi hal tersebut adalah menggunakan mesin pembuat es batu. Mesin pembuat es batu akan melakukan penyaringan terlebih dahulu untuk memastikan air dapat digunakan untuk mencetak es batu. Tetapi ingat, bukan untuk penyaringan air sungai. Secara fisik pun, dengan menggunakan mesin pembuat es batu lebih rapi. Coba bandingkan dengan es balok, es batu balok tersebut harus dihancurkan terlebih dahulu. Alhasil, bentuk es batu tidak beraturan dan terlihat kurang menarik.

Jika Anda merasa kurang yakin, Anda bisa memanfaatkan cetakan es batu seperti biasa dan membekukannya di dalam freezer. Namun, bagi produsen besar atau pebisnis minuman, mesin es batu ini akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan bisnis. 

Mesin pembuat es batu sendiri memiliki berbagai jenis. Bagi konsumen ada dua jenis bentuk es batu yang sering ditemukan, yaitu kubus dan tabung. Ice Cube Machine dapat mengoperasikan es batu menjadi bentuk kubus atau kotak. Bentuk ini paling umum ditemukan. 

Namun jika Anda menginginkan bentuk tabung, dapat menggunakan Ice Tube Machine. Jenis es batu tersebut biasanya digunakan oleh restoran cepat saji seperti KFC. Bentuk es dengan kedua lubang ini biasanya sering digunakan untuk hal-hal unik. Seperti memasukkan sedotan ke lubang es batu.
Dengan demikian, dapat kita ambil kesimpulan. Bagi seorang produsen perhatikanlah tingkat kebersihan pengolahan es batu. Hal tersebut akan berdampak pada minat penjualan bisnis Anda lho. Begitu pula dengan konsumen, jadilah pelanggan cerdas dengan memperhatikan kebersihan produk dan es batu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Aman Pengolahan dengan Mesin Pembuat Es Batu"