Jarang Diketahui, Inilah 5 Fungsi Unik USB OTG!!

Internet Provider Jakarta - Siapa yang tidak tahu dengan USB OTG (On The Go)? Kabel USB yang satu ini bukan hanya sekedar penghubung smartphone dengan flashdisk saja, namun juga memiliki banyak fungsi. Dengan adanya OTG, kita tidak perlu repot - repot lagi kalau ingin memindahkan data dari smartphone ke PC/Laptop maupun sebaliknya. Selain jadi penghubung, USB OTG juga memiliki beberapa fungsi unik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa kalian tahu apa saja fungsi OTG selain membaca flashdisk? CEKIDOT!!

1. Menambah Memori 


Salah satu fungsi lain selain membaca flashdisk adalah menambah memori pada smartphone. Ini bisa menjadi solusi bagi kalian yang memiliki memori internal sedikit. Dengan adanya USB OTG, kalian dapat memori tambahan dari flashdisk yang terhubung melalui OTG. Selain itu, kalian juga bisa mengubah flashdisk yang kalian gunakan menjadi memori internal dengan cara memanfaatkan fitur Adoptable Storage pada Android Marshmallow.


2. Menggunakan Mouse & Keyboard


Dengan OTG, kalian bisa menggunakan mouse dan keyboard komputer pada smartphone kalian. Ini tentunya akan menambah kinerja smartphone agar lebih mudah dalam mengetik, bukan? Selain itu, kalian juga dimudahkan apabila harus mengetik suatu tulisan maupun cerita yang cukup panjang. 


3. Membaca Data Dari Card Reader



Dengan OTG, bukan flashdisk saja yang bisa dibaca namun juga card reader. Jadi kalau kalian punya kartu memori yang berbeda dari kartu SD biasanya, maka kalian tetap bisa mentransfer data yang ada dalam kartu tersebut. Selain bisa disambungkan ke card reader, OTG juga bisa menyambungkan ke perangkat lainnya juga. Cukup praktis, kan?

4. Baterai Smartphone Jadi Powerbank


Kalian tahu kan kalau beberapa smartphone memiliki baterai yang ukurannya besar dibanding smartphone lainnya? Dan bukan hanya besar, namun juga banyak daya baterainya. Nah OTG juga menjadi solusi yang cocok bagi mereka lagi krisis baterai atau low bat. Sesekali tidak ada salahnya jika teman kalian numpang ngecas pakai daya baterai dari smartphone kalian.

5. Membaca Data Dari Hardisk Eksternal


Selain flashdisk, hardisk pun juga bisa dibaca jika disambungkan pakai OTG. Jadi kalian tidak perlu ribet lagi kalau mau mengcopy, memindahkan, atau mentransfer file dari hardisk ke smartphone maupun sebaliknya. Hal ini juga pasti akan memudahkan kalian apabila membutuhkan file - file penting untuk dikirim segera lewat smartphone maupun menyimpan file - file penting di dalam hardisk. 

Oke itulah fungsi unik lain dari OTG selain membaca data dari flashdisk. Sebenarnya masih banyak fungsi unik lain dari OTG yang belum diketahui orang banyak, seperti bisa menyalakan lampu darurat (mini-LED light), menyalakan kipas angin kecil, dan lain - lain. 

Demikian, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jarang Diketahui, Inilah 5 Fungsi Unik USB OTG!!"