Selasa, 23 April 2013

Tips Memilih Pintu Rumah


Maket - Pintu merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan dalam membangun sebuah rumah. Selain sebagai jalan keluar dan masuk, pintu juga memperindah desain rumah itu sendiri. Maka dari itu sebaiknya pemilihan pintu itu sendiri wajib diperhatikan agar mempermudah anda dalam mendesain ruangan nantinya. Berikut adalah tips memilih pintu rumah:



http://1.bp.blogspot.com/-dx19doj1KXo/UNwhrb3pKsI/AAAAAAAAAp8/mLJyOIBsx94/s1600/inspirasi-desain-pintu-rumah-minimalis-modern.jpg


- Memilih Bahan
Gunakanlah bahan pintu tepat karena bahan nantinya juga akan berkaitan dengan umur sebuah pintu itu sendiri. Usahakan jangan memilih pintu yang berbahan terlalu tipis dan mudah berubah warna karena cuaca apabila pintu itu sendiri nantinya untuk bagian yang berhubungan langsung dengan luar lingkungan.

- Safety atau keamanan
Agar rumah aman, dibutuhkan pintu yang cukup untuk membentengi rumah kita dari tangan-tangan jahil, maka pintu harus didesain sesuai dengan keamanan untuk rumah. Misalkan,pintu depan rumah menggunakan pintu texwood atau triplek itu kurang aman, dan gampang untuk dijebol, berbeda dengan pintu dari kayu solid yang mempunyai kekuatan dan keamanan yang terjamin. Disamping itu dari segi desain pintu juga bisa menjadi faktor keamanan, apabila pintunya panel solid dan dikombinasi dengan berbagai aksesoris seperti kaca, itu juga  kurang aman. Untuk menunjang keamanan diperlukan kunci yang kuat dan awet dan tidak mudah untuk dijebol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

- Desain dan Penampilan
Untuk desain dan penampilan sesuaikan warna dan corak serta motif pintu cocok dengan desain rumah yang anda buat, jangan sampai warnanya sangatlah berbeda jauh dengan konsep ruangan atau rumah yang anda inginkan. Kereka bila alah dalam pemilihan pintu bisa berdampak berkurangnya nilai keindahan dalam rumah maupun ruangan tersebut.

- Daya Tahan
Pastikanlah Anda memilih jenis serta bahan yang tepat. Jangan pilih yang terlalu tipis dan gampang berubah warna oleh cuaca, terutama untuk pintu utama maupun pintu eksterior.

- Fungsi Kedap Suara
Pastikan pula pintu yang anda pilih kedap dengan suara, selain utntuk menjaga keamanan juga untuk meredam tingkat kebisingan yang bisa ditimbulkan dari luar juga benda-benda dalam ruangan anda. selain itu juga sebagai privasi terhadap diri anda khususnya untuk kamar pribadi.

- Memiliki Sirkulasi Udara Antar Ruangan.
Hal ini demi menunjang sumber udara yang akan bersirkulasi dalam ruangan agar tidak berkesan pengap, juga harus diperhatikan penempatan sehingga searah dengan arah sirkulasi udara. Bila ingin menambahkan sedikit keindahan, pastikan pintu tersebut terdapat kaca. Alternative lainnya anda bisa menggunakan gorden pada pintu yang anda pilih.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Info: Maket

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat