Selasa, 08 Januari 2013

Coba Belajar Motor Kopling

Mengendarai motor kopling memang tidak seperti motor biasa karena pengaturan kopling ada pada tangan anda alias manual jadi anda perlu hati hati dalam mengandarainya dan transmisi giginya tentu tidak sama dengan motor berkopling otomatis bagaimana cara mengendarainya ?, simak tips berikut ini:

1. Hidupkan mesin motor (starter).
2. Setelah mesin menyala, tarik kopling yang ada di sebelah kiri stang.
3. Masukkan perseneling ( injak gigi) kearah depan yang ada di bawah bagian kaki kiri. Perhatian nich, jangan pernah injak perseneling ketika kopling tidak di tarik.
4. Selanjutnya, lepaskan kopling dengan sangat pelan-pelan. Dan nantinya motor akan berjalan dengan pelan. Disini harus bisa mengatur kestabilan kopling. Jika tidak nantinya mesin motor akan mati. Apabila mesin motor mati, persenelig (gigi) harus di netralkan terlebih dahulu, lalu selanjutnya hidupkan mesin, dan tarik koplingnya dan masukkan perseneling ( gigi 1 ) kembali, lepaskan dengan sangat perlahan.
5. Kemudian untuk mengoper perseneling selanjutnya (gigi 2), tarik kopling dan injak perseneling kearah belakang. Setiap ingin menetralkan dari gigi 2 ke 1,  injak ke arah depan satu kali. Untuk menetralkan dari gig 3 ke 2, injak ke arah depan 2x. Biasanya untuk motor tiger ada 4 perseneling (gigi).

Demikian tipsnya dalam mengendarai motor kopling semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang harga mobil bekas dibawah 50 juta



Temukan artikel terkait:   Tips Memilih Kaca Spion Motor

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat