Senin, 14 Mei 2012

Pasang Rangka Atap Baja Ringan




Banyak orang yang memakai baja ringan untuk rangka atapnya karena rangka kayu mudah sekali rapuh karena termakan rayap oleh karena itu banyak orang beralih memakai rangka baja ringan untuk pemasangan cup rumah mereka, Kelebihan dari baja ringan adalah kekuatan baja ringan yang bisa sampai 10 tahun atap baja yang dipakai adalah baja bermutu tinggi, hi-ten g550 lapis zinc dan alumunium. Baja di-treatment hingga tipis, lalu ditarik hingga mutu atap baja ringan tinggi. Kekuatannya sama dengan baja-baja biasa. Kuat, bisa dipijak, untuk menahan beban genteng, plafon, memasang lisplang dan listrik, berikut ini cara pemasangan rangka atap baja ringan untuk rumah anda:

  • Pencarian dan pembuatan data-data yang akan digunakan sebagai bahan perencanaan struktur baja ringan seperti tabel profil baja ringan yang berisi bentuk dan berat baja ringan per m, pembuatan data geometri struktur seperti rencana bentuk bangunan dan ukuranya.
  • Perencanaan struktur rangka atap yang menghasilkan bentuk dan ukuran baja yang kuat untuk digunakan sebagai dudukan finishing penutup atap.
  • Pembuatan gambar rangka atap baja ringan disertai dengan posisi sambungan dan keterangan penggunaan bahan pada setiap bagian rangka atap.
  • Langkah berikutnya yaitu paabrikasi dengan cara membuat potongan masing-masing bagian rangka atap sesuai dengan gambar yang sudah dibuat sebelumnya, pabrikasi dapat dilakukan di pabrik produsen penjual baja ringan atau bisa juga dibuat dilokasi proyek pembangunan.
  • Setelah struktur rangka atap baja ringan dibuat dengan bentuk sesuai dengan perencanaan maka langkah selanjutnya adalah pekerjaan pengukuran untuk menentukan titik-titik lokasi pemasangan sesuai dengan gambar rangka atap baja ringan.
  • Sampai disini pemasangan sudah dapat dilakukan dimulai dari bagian struktur utama seperti kuda-kuda kemudian dilanjutkan dengan struktur penguat.
  • Pemasangan sambungan harus benar dan selalu dikontrol apakah sudah baik untuk menghindari keruntuhan atap.
  • Pemasangan penutup atap dapat dilakukan setelah seluruh bagian atap struktur rangka atap baja ringan terpasang penuh dan sudah dikontrol kebenaran pemasanganya.
  • Cara pemasangan rangka atap baja ringan sedah selesai dan ditutup dengan pemasangan atap.

Demikian cara pemasangan rangka atap baja ringan semoga memberi anda petunjuk dalam memasang rangka atap cup bangunan anda

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat