Selasa, 13 Desember 2011

Membuat Atap Rumah Terasa Adem Dan Nyaman

Panasnya udara di rumah Anda boleh jadi disebabkan oleh panasnya ruangan di bawah atap. Ada cara untuk membuat ruangan di atas langit-langit tersebut lebih dingin sehingga ruangan di bawahnya terasa sejuk. Anda dapat menggunakan bahan insulasi yang dipasang di bawah atap. Insulasi atap biasanya dipakai pada bangunan besar seperti pabrik. Pabrik yang menggunakan atap seng atau asbes akan membuat udara di dalamnya sangat panas dan memang biasanya pabrik tidak menggunakan langit-langit. Bahan insulasi yang digunakan adalah lembaran aluminium foil yang di bawahnya dilapisi dengan glass-wool.


Lembaran aluminium foil akan merefleksikan panas sehingga diharapkan tidak menembus ke bawah. Dan sisa panas yang masih menembus lapisan ini akan “diserap” oleh lapisan di bawahnya, yaitu glass-wool. Memasang insulasi semacam ini di dalam rumah memang tidak mudah. Apalagi kalau pemasangan lapisan pada rumah yang sudah jadi, hampir tidak dimungkinkan. Kecuali kalau Anda sedang membongkar atap atau langit-langit, pemasangan menjadi lebih mudah

Cara lainnya yang lebih mudah adalah menggunakan produk yang lebih memungkinkan dan mudah untuk dipasang di bawah atap, terutama untuk rumah yang sudah dihuni. Ada produk yang relatif baru di Indonesia, yaitu Air-Cell. Air-Cell yang hanya setebal 8mm, terdiri atas lapisan aluminium foil 6,5 mikron di bagian atas dan lapisan polyethilene (semacam plastik) tipis yang berongga di bagian tengahnya. Ada dua jenis produk Air-Cell. Yang pertama yaitu produk yang disebut dengan Utility, menggunakan satu lapisan aluminium foil hanya pada satu sisi.

Air-Cell cukup ringan, yaitu hanya 381 gram per meter persegi. Pemasangan Air-Cell yang tidak mudah sobek ini juga tidak sulit. Menurut PT. Mitra Mandiri, pemasangan pada rumah yang sudah jadi cukup menggunakan staples atau paku yang dikaitkan pada kaso. Untuk rumah yang sedang dibangun, insulasi dipasang di atas kaso. Nah, Anda ingin mencobanya?


Info terkait - Mitra Mandiri

1 komentar:

Suhandi Batara mengatakan...

Insulasi panas untuk atap? POLYNUM is the best pastinya :)

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat