Senin, 10 Januari 2011

Ruang Lingkup Kegiatan Manajemen Pemasaran



Manajemen Pemasaran. Dalam Dunia bisnis laksana magnet yg menarik khalayak untuk melirik dan mengenalinya lebih jauh. Bisnis merupakan suatu aktivitas yg menawarkan jasa atau menjual barang kepada konsumen, dgn perolehan laba. “Laba,” di sanalah kita menaruh harapan guna penghasilan yg lebih baik.

Yg Harus kita pahami bahwa Bisnis tak hanya berbicara untung-rugi, kreativitas pikir dan memanfaatkan peluang merupakan faktor penentu keberhasilan langkah Anda. Idealnya, aktivitas bisnis haruslah mendatangkan keuntungan. Usaha, waktu, dan hasil berpikir Anda layak dihargai dgn kepuasan laba yg didapat.

Sebuah bisnis tak bisa lepas dari sebuah manajemen, dan Manajemen yg diterapkan pun akan mempengaruhi laju bisnis yg tengah ditapaki. Dgn sebuah manajemen, bisnis akan lebih efektif dan efisien. Seperti manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, operasi, strategi, intelejen bisnis, teknologi informasi serta manajemen produksi.

Dalam pengklasifikasiannya, Anda dapat menyelami bisnis dgn berbagai aktivitasnya.

Manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran adalah bidang manajemen yg melakukan kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yg dirancang untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yg menguntungkan dgn menguntungkan pembeli sebagai sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

Konsep manajemen pemasaran ada dua yakni :

1. Konsep manajemen pemasaran (the marketing concept)
Merupakan orientasi bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan,keinginan dan penilaian pasar yg menjadi sasaran kemudian menyesuaikan sedemikian rupa kegiatan perusahaan agar dapat menyampaikan kepuasan yg diinginkan pasar secara lebih berdaya guna serta berhasil guna dibandingkan pesaingnya. Dalam konsep pemasaran,volume penjualan yg menguntungkan memang menjadi tujuannya. Akan tetapi laba yg diperoleh dari volume penjualan itu harus didapat dgn mendapat juga kepuasan dari konsumen.

2. Konsep penjualan ( the selling concept)
Mementingkan saja volume penjualan dan keuntungan tanpa pernah berpikir tentang kepuasan dari para konsumennya.

Berikut  Ruang Lingkup Kegiatan Manajemen Pemasaran Meliputi:

1)            Pembelian (buying).
2)            Pemilihan (grading).
3)            Pengangkutan (transportation).
4)            Pembungkusan (packing)
5)            Penggudangan (storage)
6)            Pembelanjaan ( financing).
7)            Periklanan (advertising).
8)            Penjualan (Selling).

Sumber: id.shvoong.com
Temukan Informasi Lengkap Seputar Manajemen Pemasaran

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat