Rabu, 23 Juni 2010

Makanan Ikan lele Dan Cara Berternak lele

Saat ini stock lele sangat jauh dari mencukupi, permintaan pasar akan ikan lele sangat banyak sedang produksi lele masih kurang. Sudah banyak yang berkolam ikan lele tetapi banyak diantara mereka yang berguguran, sehingga ikan lele di pasar masih terus kekurangan.

Mengapa banyak pengolam ikan lele berguguran ? Tentu banyak faktor penyebab banyaknya pengolam yang berguguran. Diantaranya adalah : kurangnya pengetahuan akan teknik berkolam lele, tidak bisa membuat pakan alternatif sederhana untuk ikan lele, terlalu tergantung dari pakan ikan pabrik yang harganya tinggi, tidak bisa memanfaatkan potensi alam sekitar yang sangat banyak untuk meningkatkan produksi ikan lele dengan meminimkan ketergantungan pakan pabrik dan digantikan dengan makanan ikan (pakan) yang ada disekitarnya yang sangat banyak tersedia.

Untuk membuat pakan ikan lele dari limbah ternak dan teknik pemberiannya adalah dengan memanfaatkan bakteri tertentu yang biasa disebut sebagai bakteri probiotik. Bakteri Probiotik ini digunakan untuk mengolah kotoran ternak sehingga terjadi proses fermentasi dimana dalam proses ini akan mengakibatkan panas yang akan membunuh bakteri lain yang tidak berguna sehingga limbah ternak tersebut aman untuk dikonsumsi ikan lele.

Teknik pemberiannya adalah dengan memberikan atau memasukkan limbah hasil fermentasi ke dalam kolam setelah ikan berumur 20 hari serta diberikan sebagai tambahan sewaktu memberi makan ikan, maksudnya sewaktu memberi makanan ikan degan pelet (pakan pabrik) kemudian diikuti dengan pakan limbah ternak hasil fermentasi. Dengan cara ini ikan lele akan tumbuh lebih cepat, sehat dan daging ikan lele lebih padat sehingga rasa ikan lele seperti ikan lele sungai. Disamping itu Anda akan terbebas dari bisik-bisik tetangga karena kolam Anda terbebas dari bau yang menyengat.

Selain itu Anda bisa menghemat penggunaan air. Mengapa ? Anda bisa mengunakan kolam ini tanpa harus membersihkan atau menguras kolam yang bearti Anda tidak perlu membuang air kolam sewaktu memanen tetapi Anda bisa mengunakan untuk ikan berikutnya karena kolam Anda sehat dan sudah terbentuk ekosistem dimana didalamnya sudah banyak hidup berbagai jenis planton atau hewan kecil yang sangat berguna untuk makanan ikan.

Sumber : webinfobisnis.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat