Kamis, 25 Februari 2010

Sambung Rambut di Kalangan Anak Muda

ERIKA merasa heran dengan tampilan sahabatnya Nadia yang tiba-tiba saja terlihat lebih cantik dengan rambut panjang terurai. Pa­dahal, belum ada satu minggu Nadia me­mang­kas rambut panjangnya di salon. De­ngan tersenyum Nadia menjelaskan bila dirinya baru saja me­lakukan hair extension atau sambung rambut.

Apa yang dilakukan Nadia adalah tren baru bagi anak muda dalam hal tata rambut. Tren ini semakin menguat ketika beberapa artis seperti Agnes Monica melakukan hair extension dengan untaian rambut berwarna. Dalam perkembang­annya, hair extension tak hanya me­nyambung beberapa untaian rambut saja, melainkan me­nyambung sebagian be­sar rambut agar terlihat lebih panjang sempurna.


Proses
hair extension, me­nurut Memey (20), salah satu kapster sebuah salon di Kota Se­marang, merupakan proses penyambungan rambut bagian dalam yang memanfaat lem karet khusus bernama polymer microtien. Lem karet khusus tersebut hanya akan lebur pada pemanasan bersuhu sekitar 180 derajat. Lantas kenapa harus rambut bagian dalam?


’’Tujuannya untuk me­nyembunyikan bentuk sambungan rambut. Masalahnya, bentuk sambungan itu akan terlihat seperti lem kering yang me­nem­pel. Jadi, me­mang harus dikondisikan tertutup oleh rambut bagian luar. Agar lebih sempurna lagi, sebaiknya me­milih rambut sambung yang sesuai rambut asli atau paling tidak yang sedikit mendekati,” tandasnya.


Kegagalan
Kendati demikian ada be­berapa hal yang harus diperhatikan agar proses penyambungan rambut tidak mengalami kegagalan dan bebas permasalahan. Pertama, rambut harus memiliki akar yang kuat agar saat disambung tidak meng­alami kerontokan. Kedua, rambut harus sehat agar terbebas masalah ketom­be atau ke­ru­sakan saat dila­kukan pe­nyam­bungan.

Untuk mendapatkan se­buah gaya rambut yang me­nawan memang membutuhkan biaya tidak murah. Di luar biaya salon, harga
hair extension (khusus rambut sambung asli) bisa berkisar dari 800 ribu sampai sekitar Rp 2 juta (full head, sekitar 120 pieces). Mahal ti­daknya bergantung pada seberapa panjang rambut sambungan yang digunakan.


Tapi bila ingin ’’sedikit” lebih murah, dapat digunakan pula rambut sambung palsu. Hanya saja perlu diingat, dengan harga yang terpaut cuma sedikit, rambut sambung palsu warnanya akan terlihat kurang natural sehingga perbedaan antara warna antara rambut asli dengan rambut sambungan terlihat cukup jelas.


www.wawasandigital.com

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat