Jumat, 11 September 2009

Bentuk Kegiatan Sosial Di Masyarakat



Berhitung, membaca, mewarnai, dan pengembangan bakat si kecil pasti sudah Anda lakukan. Tapi sudahkah Anda mengembangkan kepekaan dan rasa syukur kepada si kecil? Pernahkah Anda mengajarkan kepada si kecil betapa beruntungnya dia dibanding orang lain? Hal-hal seperti itu jangan dilupakan dan disepelekan. Kemampuan spiritual atau rohani tak kalah penting dibanding kemampuan akademik atau keterampilan lainnya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan rasa syukur kepada Tuhan adalah dengan melakukan
Bantuan sosial atau kegiatan sosial. Bila ada kesempatan ajak si kecil untuk ikut kegiatan sosial yang dilakukan oleh kantor, lingkungan atau komunitas yang Anda ikuti. Aksi sosial ini banyak dilakukan oleh berbagai entitas dan Anda bisa melibatkan si kecil dalam acara tersebut.

Begitu ada kesempatan mengikuti kegiatan tersebut, langsung ajak si kecil. Apalagi lokasi pemberian bantuan tersebut tidak terlalu jauh. Ajak si kecil untuk melihat dari dekat saudara-saudara yang sedang kesulitan karena bencana seperti banjir atau gempa yang melanda daerah tersebut. Ajak si kecil untuk terjun langsung memberikan bantuan tersebut. Meski tentu saja ia hanya bisa membawa barang-barang berbobot ringan.
Katakan kepada si kecil bahwa ia harus bersyukur, karena tidak terkena bencana seperti itu. Ajak si kecil untuk membayangkan bagaimana bila bencana itu menimpa si kecil misalnya dengan ramalan cinta. Perbandingan dan perumpamaan tersebut akan mempermudah si kecil memahami mengapa dia perlu memberikan bantuan dan bersyukur dengan kondisi yang didapat sekarang ini.

Tambahkan pengertian kepada si kecil bahwa berbagi kepada orang lain akan membukakan kemudahan bagi diri sendiri. Memberi tidak akan membuat uang si kecil habis, justru mungkin akan bertambah. Bila kita ikhlas membantu orang, suatu saat bila kita mendapatkan kesulitan pasti akan datang bantuan kepada kita.

Selain
bakti sosial dengan membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk ikut dalam kegiatan lingkungan. Dalam kegiatan yang berkaitan dengan alam ini Anda juga bisa mengajarkan rasa syukur kepadanya. Misalnya ketika perusahaan Anda mengadakan kegiatan penanaman pohon bakau, ajaklah dia.

Dukung kampanye stop dreaming start action


http://www.morinagaplatinum.com

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat