Kamis, 16 Juli 2009

Motto Dalam Dunia Kesehatan

Tentu kita mengetahui bahwa anjing atau kucing merupakan hewan yang sangat dekat dengan manusia. Tentu bukan karena adanya unsur kekerabatan namun anjing atau kucing yang masuk dalam keluarga Canidae dan memiliki kekerabatan dekat dengan serigala, koyote dan rubah (fox). Banyak sekali fungsi anjing dalam kehidupan manusia selain sebagai hewan peliharaan yang telah berpuluh – puluh tahun didomestikasi oleh masyarakat.

Moto mencegah lebih baik daripada mengobati masih menjadi hal yang sangat relevan dalam dunia kesehatan. Demikian pula pandangan kita dalam memelihara kesehatan anjing peliharaan dirumah kita. Kita harus mengutamakan ”pencegahan” daripada harus mengobati, karena ”mengobati” bisa jadi merepotkan, menguras waktu, tenaga dan biaya dan bukannya tidak mungkin semua hal yang kita lakukan menjadi sia – sia saat penyakit yang menyerang anjing kesayangan kita tidak bisa disembuhkan.

Upaya perawatan anjing atau perawatan kucing melalui pencegahan (Preventive health care) meliputi pemeriksaan profesional yang teratur dan berkala, melakukan vaksinasi, pengendalian parasit dan kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan gigi dan gusi serta menjaga kandungan nutrisi atau gizi.

Anjing yang memiliki bulu yang mengkilat dan bersih merupakan ciri – ciri anjing yang sehat. Perawatan anjing atau perawatan kucing bisa dimandikan dua kali seminggu di salon anjing atau salon kucing, selain untuk menghilangkan kotoran sekaligus menjaga sirkulasi udara pada tubuh anjing. Pemeriksaan kuku dan pengguntingan kuku di salon anjing Jakarta atau salon kucing secara berkala juga merupakan hal yang penting dilakukan, hal ini disebabkan karena kuku yang runcing akan memudahkan terjadinya infeksi apabila menggaruk bagian tubuhnya yang gatal. Selain itu bagian tubuh anjing yang selalu bersentuhan dengan tanah adalah bagian kaki dan kuku, sehingga dengan pembersihan yang rutin di salon anjing dibagian ini akan mencegah anjing terinfeksi beberapa penyakit yang dibawa bersama kotoran dalam tanah. Pemeriksaan bagian telinga dan hidung juga perlu sekali dilakukan di salon anjing Jakarta karena dibagian ini sering dipadati oleh kutu/caplak yang selain membuat gatal juga bisa menjadi vektor dari beberapa penyakit kulit dan metabolisme.

http://www.isaw.or.id/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat