Kamis, 07 Mei 2009

Menata Interior Ruang Tamu

RUANG tamu diciptakan bagi tamu yang berkunjung. Kendati tamu hanya singgah sementara di rumah, Disain Interior yang disajikan di ruang ini tidak bisa asal-asalan.

Pasalnya meski kecil, Disain Interior ruang tamu merefleksikan keseluruhan rumah Anda. Ruang yang berada di posisi depan inilah yang sering dikunjungi, terutama tetangga yang sering bertandang. Selain itu, interior atau tampilan Desain Ruang tamu memunculkan penilaian tersendiri dari tamu terhadap si empunya rumah. Karena itu, Interior Ruang tamu harus dapat memberi rasa nyaman dengan tampilan yang indah.

"Interior Ruang tamu biasanya mencerminkan pribadi penghuninya. Meski terlihat simpel, Disain penataannya harus disesuaikan dengan furnitur dan gaya arsitektur rumah bersangkutan," kata arsitek dari PT Bangun Rumah Persada, Widi Sudarmoko.

Kesan indah tidak hanya terfokus pada sofa ataupun meja. Kesan indah juga bisa ditampilkan pada dinding dengan menempelkan Disain wallpaper pada salah satu bidangnya. Sebaiknya, saran Widi, bidang yang diberi wallpaper adalah yang ingin dijadikan point of interest. Wallpaper yang digunakan sebagai hiasan di dinding ini lebih baik yang berwarna gelap. "Untuk menjadi pusat perhatian, warna gelap akan memberikan kesan lebih kuat," ujarnya.

Namun, untuk pemilihan warna, Anda tidak perlu bingung dan terpaku pada satu warna. Pilihlah warna sesuai suasana yang ingin Anda tampilkan. Jika ingin menampilkan suasana ruang tamu yang akrab, warna kalem atau pastel seperti warna cokelat bisa dipilih.

Sementara itu, untuk penempatan furnitur, sebaiknya disesuaikan dengan konsep atau gaya ruang tamu yang diinginkan. Jika gaya arsitektur rumah minimalis, furnitur yang digunakan adalah yang simpel. Sementara itu, untuk rumah bergaya arsitektur tradisional, kursi berbentuk ukiran bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi Disain Ruang tamu tersebut.

"Jangan gaya arsitektur rumahnya minimalis, tapi furnitur ruang tamunya klasik atau tradisional karena kesan ruang tamu menjadi tidak nyambung. Pasalnya, kesamaan konsep ruang dan furnitur akan menciptakan harmonisasi dalam ruang tamu sehingga tamu dan penghuninya akan merasa lebih nyaman berada di ruang tamu," jelas Widi.

Bentuk ruang tamu yang beraneka ragam, seperti bujur sangkar, persegi panjang, maupun bulat, diakui Widi, tidak memengaruhi kenyamanan ruang tamu. Asalkan ditata dengan apik dan kembali ke akar harmonisasi, yakni sesuai dengan konsep arsitektur rumah.

Memang, kata dia, bentuk ruang tamu yang bulat kadang memberi kesan aneh. Namun, jika furnitur pengisi ruangnya disesuaikan dengan bentuk ruang, justru akan memberi kesan unik dan menarik. Misalnya, dihadirkan furnitur yang bentuknya serbabulat.

Untuk menciptakan ruang tamu lebih hidup, bisa dengan menghadirkan bunga segar yang diletakkan pada vas di atas meja maupun bunga pot di sudut ruang. Bunga memanjang atau ranting-ranting akan tampak indah berada di salah satu sudut ruang tamu.

Mengenai lampu, bisa disesuaikan dengan keperluan. Namun, saran Widi, untuk memberikan rasa nyaman, sebaiknya pencahayaan di ruang publik tersebut jangan terlalu terang. Lampu yang dipilih pun bisa lampu yang simpel ataupun lampu kristal di tengah.

"Lampu-lampu kecil di sudut lebih baik, atau lampu khusus yang mengekspos atau menonjolkan ornamen atau bidang tertentu," cetusnya.

Bicara soal lampu, ibu rumah tangga yang tinggal di Jakarta Timur, Anita Lukman, mengaku lebih memilih lampu-lampu simpel yang diletakkan di sudut-sudut plafon untuk menciptakan keharmonisan Interior Disain antara ruang tamu dan rumahnya yang memiliki konsep minimalis.(sindo//tty)

Sumber:lifestyle.okezone.com

Temukan juga Interior Disain - Disain Interior - Build Interior - Desain Ruang - Interior Ruang - Disain Ruang - Disain dan Interior Disain & Build Interior: Disain Interior & Desain Ruang Tangerang - Banten hanya di 88db.com

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat