Ini Cara Tepat Membersihkan Sepatu Suede

Bahan kulit suede bersifat sensitif terhadap cairan, sehingga mudah menampakkan bercak. Kalau kita tidak tahu bagaimana cara membersihkannya, bisa-bisa jadi rusak loh! Untuk kamu yang mau tahu bagaimana sih cara perawatan sepatu berbahan suede, simak disini yuk!

Tau gak sih? Menghilangkan bercak noda pada sepatu berbahan suede tidak bisa hanya dengan cara membersihkan bagian bercak itu saja, terutama jika menggunakan air. Jika tidak berhati-hati, air malah bisa meninggalkan noda tersendiri yang lebih parah karena perubahan warna yang ditimbulkannya pada sepatu suede. Selain itu, sikat sepatu suede yang berkualitas juga merupakan alat yang cukup penting bagi para pemilik sepatu suede. Jadi, bila menggunakan barang berkualitas seperti suede, tentu perawatannya pun berbeda dari biasa kan? Let’s cekidot! ^-^

Berikut ini cara membersihkan sepatu suede tanpa merusak bahannya:

1.    Singkirkan kotoran pada permukaan sepatu menggunakan sikat sepatu suede. Tentu saja, ini agar memudahkan kita untuk membersihkan si sepatu.

2.    Lalu, sikatlah sepatu searah dengan serat bahan suede. Sikatlah dengan gerakan maju-mundur untuk menghilangkan serat-serat yang lepas, pada bagian sepatu yang agak kasar.

3.    Noda membandel perlu ditangani dengan bantuan air, namun jangan hanya membersihkan bagian yang bernoda saja. Bersihkan seluruh permukaan sepatu, jadi kalau terjadi perubahan warna tidak akan terlalu kelihatan karena terlihat merata di permukaan.

4.    Gunakan sikat sepatu suede yang agak basah untuk menyikat seluruh permukaan sepatu.
*Tips
•    Agar bentuk sepatu tidak berubah, masukkan pengganjal sepatu atau gumpalan kertas ke dalam sepatu lalu biarkan sepatu hingga kering secara alami.
•    Jangan gunakan koran bekas karena tintanya dapat luntur mengenai sepatu Anda.

5.    Untuk menghilangkan bercak noda yang mengandung garam misalnya, dari makanan atau minuman. Cobalah manfaatkan sedikit cuka. Why? Karena cuka dapat menghilangkan noda tersebut, meskipun bau-nya akan tertinggal di sepatu. Tenang, hanya beberapa waktu saja kok!

Lalu, kesimpulannya apa?

1.    Jangan memakai air!
Jika menemukan bercak kotor pada barang berbahan suede Anda, jangan memakai air untuk membersihkan hanya bagian yang memiliki bercak tersebut melainkan bersihkan seluruh permukaan benda menggunakan sikat suede dan sedikit air guna mencegah perubahan warna

2.    Komposisi khusus?
Untuk menangani noda membandel, gunakan produk pembersih suede yang memiliki komposisi khusus atau manfaatkan bahan-bahan dapur saja. Misalnya cuka dan tepung maizena.

3.    Mereka berbeda, mereka tak sama!
Bahan kulit suede sekilas tampak mirip dengan kain beledu (beludru) namun keduanya berbeda loh, sehingga cara perawatan masing-masing juga tidak sama.

Nah, bagaimana? Kalian sudah mengetahui bagaimana cara tepat dalam membersihkan sepatu berbahan suede, kan? Berarti, tinggal membeli sepatunya! Ada berbagai macam jenis sepatu suede terbaik dari vans Indonesia loh, seperti diatas misalnya :) Semoga bermanfaat ya.
See ya!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Cara Tepat Membersihkan Sepatu Suede"