Tips Membuat Kue Kering Panggang dengan Oven Gas Covection


 Oven Gas Covection


Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Banyak tradisi yang dijalani selama Ramadan, seperti puasa, sahur, berbuka bersama, dan tarawih. Sedangkan menjelang lebaran tiba para ibu rumah tangga selalu menyiapkan berbagai kue kering dan sajian unik lainnya, seperti nastar dan kastengel.



Kue kering dipilih sebagai sajian wajib saat lebaran karena cara pengolahannya mudah. Selain itu, apa pun jenis kue keringnya menggunakan bahan-bahan yang hampir sama. Jadi, Anda bisa membuat kue kering dalam satu waktu. 


Membuat kue sendiri di rumah bersama keluarga memang mengasyikkan. Anda bisa bebas mengkreasikan kue sesuai keinginan sendiri. Namun, bagi para ibu rumah tangga yang masih sibuk berkarier akan sedikit sulit membuat kue sendiri di rumah. Tentu suatu hal yang sulit membagi waktu kerja dengan membuat kue.

Namun, jangan khawatir. Saat ini sudah banyak toko kue yang bisa Anda singgahi. Para produsen kue kering berlomba-lomba untuk memberikan tampilan dan rasa terbaik. Hal itu tentu bukan suatu hal yang mudah. Mereka menempuh cara profesional seperti menggunakan alat atau mesin yang lebih mutakhir. 

Mesin yang digunakan adalah mixer dan oven gas. Untuk mengaduk adonan dalam jumlah banyak memang memerlukan mixer. Namun, jika Anda membuat kue dalam jumlah yang sedikit menggunakan cara manual pun tidak menjadi masalah, yaitu mengocok dengan alat pengaduk.


Sedangkan penggunaan oven gas menjadi suatu yang wajib. Jelas saja karena tanpa oven gas kue tidak akan bisa untuk dikonsumsi. Oven gas yang digunakan juga tidak bisa sembarang. Anda harus pintar memilih oven gas khusus untuk memanggang kue kering. Salah satu oven gas yangt bisa digunakan untuk kue kering adalah oven gas covection. Lalu apa rahasianya para produsen menciptakan kue kering dengan sempurna? 


  • Mencampurkan bahan-bahan utama

Bahan-bahan utama yang digunakan adalah tepung, mentega, dan gula. Campurkan seluruhnya untuk diaduk rata. Gunakanlah mixer planetary. Mixer planetary memiliki berbagai jenis alat pengaduk yang bisa disesuaikan dengan jenis adonan. Jenis lainnya adalah mixer spiral, tetapi mesin pengaduk adonan tersebut difungsikan untuk membuat roti. 


  • Memisahkan kuning dan putih telur

            Untuk beberapa jenis kue kering bagian telur dipisahkan. Anda harus mencampurkan kuning telur satu per satu ke dalam adonan sebelumnya. Hal tersebut berkaitan agar campuran adonan efektif untuk menahan udara. Selain itu, pastikan juga adonan sisi mangkuk mixer bersih. 

            Sedangkan untuk putih telur dalam membuat kue juga harus diperhatikan. Putih telur akan membuat tekstur kue lebih ringan dan lembut. Dalam mengolah putih telur pengaduk harus bersih dan bebas lemak. Gunakanlah peralatan yang menggunakan bahan stainless steel. 


  • Mendinginkan adonan kue

            Adonan yang telah dicampurkan menggunakan air mendidih setelah itu didinginkan. Proses pendinginan bisa dilakukan dengan cara menempatkan adonan di kantong plastik lalu ratakan sedikit demi sedikit. Setelah itu bentuk kue sesuai keinginan. Lalu pindahkan ke loyang oven gas. Setelah itu, masukkan ke oven gas. Kue kering akan lebih matang merata dan maksimal jika Anda menggunakan oven gas convection. 


  • Mendinginkan kue kering

            Langkah ini hanya ditujukan bagi Anda yang menyukai kue kering dengan tekstur lebih keras. Anda bisa mendiamkan kue kering di dalam oven dalam keadaan off selama 5 menit. Setelah dingin pindahkan kue ke loyang khusus atau ke dalam stoples. Hindari memotong atau memidahkan kue secara paksa dalam keadaan panas. Hal itu akan menyebabkan kue hancur.


  • Memilih perlengkapan

            Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilihlah mesin atau alat dengan bahan stainless steel. Dengan menggunakan bahan tersebut, mesin lebih terjaga dari karat. Selain itu, sisa noda, debu, dan kotoran lainnya mudah dibersihkan. Begitu juga dengan pemilihan tipe oven gas. Anda bisa saja menentukan oven gas secara bebas. Namun, jika tidak sesuaikan dengan fungsinya terkadang akan membuat kegagalan dalam memanggang kue kering. 

            Langkah-langkah di atas dapat Anda coba sebagai permulaan dalam belajar membuat kue kering. Langkah sederhana tersebut dapat membuat kue Anda lebih apik dan menarik. Belum lagi jika dikemas dengan bungkus yang unik. 




            Dapat kita tarik kesimpulan, penggunaan alat atau mesin yang modern jauh lebih baik untuk dimanfaatkan. Terlebih lagi saat proses pemanggangan, oven gas covection sangat dianjurkan untuk Anda dalam membuat kue kering.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Kue Kering Panggang dengan Oven Gas Covection"