Tips Memilih Tipe Server yang Layak dengan Jasa Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaKetika memulai merintis usaha startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal ini bisa menjadi suatu faktor utama yang memutuskan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Menurut yang harus dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih tipe server yaitu mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan kompleks, menengah, atau sebatas dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memutuskan tipe server yang layak untuk layanan  Anda.

Tips Memilih Tipe Server yang Layak dengan Jasa Anda


Sekarang ini keperluannya, model server dibagi ke dalam 4 golongan, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak digunakan karena bentuknya yang tipis dan mudah dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna pc antara 20 hingga seratus orang bisa memilih server macam ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan server model entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai tenaga back up untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle sebagian tugas secara bersamaan. Server ini sanggup mengerjakan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga bisa simpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan besar. Sebagian, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meski begitu server macam ini memiliki kelebihan tersendiri apabila diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu memakai penyuplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Jenis server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website isu, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu tipe server tertinggi. Server ini bisa menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi perusahaan yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berpengaruh pada performa usaha, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak menampung kerja pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Tipe Server yang Layak dengan Jasa Anda"