Tips Menyimpan ASI Yang Benar dengan Plastik Kemasan



Plastik vakum – Hampir semua orang di dunia ini pastinya telah merasakan yang namanya Air Susu Ibu atau ASI, nah bisa dibilang ASI sangat berperan penting untuk tumbuh kembang anak selama masih bayi hingga balita. ASI sendiri berasal dari puting payudara seorang wanita, yang dimana ASI keluar sendiri secara alamiah tanpa sedikitpun proses Kimiawi seperti susu kemasan pada umumnya. Oleh karenanya yang namanya asi mempunyai kandungan yang sangat baik dan bermanfaat namun sangat rentan terhadap kondisi di sekitar, mafum saja karena yang namanya ASI mempunyai tingkat daya tahan paling lemah terhadap paparan sinar matahari, cuaca dan kondisi ruangan.



Nah bagi ibu-biu menyusui dan sedang menjalankan program ASI ekslusif ada baiknya anda harus menyimpan stok / cadangan ASI dalam suatu wadah dan tempat. Oke berikut ini beberapa tips cara menyimpan ASI yang benar untuk kaum ibu yang mengikut program ASI Ekslusif untuk si buah hati.

1.  Tempat penyimpanan ASI haruslah bersih. Sebelum digunakan cuci dengan bersih atau dengan merebus terlebih dahulu. Gunakan wadah yang tertutup rapat.
2. Jangan menyimpan ASI terlalu banyak, sesuai kebutuhan saja. Tapi jika anda ingin menyimpan ASI untuk lebih dari 3 hari,  masukkan ASI kedalam kantong plastik khusus untuk menyimpan ASI dan simpan dalam frezer bagian dalam karena disitu tempat yang paling dingin. Jangan mengisi wadah sampai penuh, karena ASI bisa mengembang saat membeku. Dan pastikan tangan anda bersih.
3. Jangan mencampur susu hangat kedalam susu yang sudah beku, simpan sesuai waktu dan dengan tempat yang berbeda. Tapi kalau anda mau menambahka susu baru kedalam ASI yang dingin sebaiknya tidak kurang dari satu jam sebelum ASI dingin dan pastikan ASI yang sebelumnya sudah dimasukkan kedalam frezer.
4. Bila ASI ingin dicairkan taruh wadah dalam air hangat dan hindari air menginai bibir wadah. Jangan mencairkan susu dengan memanaskan dalam oven karena dapat menghancurkan antibodi yang terdapat dalam susu. Hindari juga mencairkannya dalam suhu  kamar karena memungkinkan bakteri berkembang dalam susu.
5. ASI dapat disimpan hingga delapan jam dalam suhu kamar (25C), susu dalam lemari es bertahan hingga 8 hari pada suhu 4C, susu dalam frezer bertahan 2 minggu pada suhu -15C.

Nah bisa dilihat bukan bahwasanya menyimpan ASI bukanlah hal yang mudah, walaupun sangat gampang di lakukan. Kemasan yang anda pilih sangat mempengaruhi kualitas ASI yang akan anda simpan, gunakan plastik Sealer khusus / Plastik vakum yang cocok untuk menyimpan cairan, dengan begitu ASI yang anda simpan akan dapat bertahan lama

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menyimpan ASI Yang Benar dengan Plastik Kemasan"