Putih Telur Bahan Bangunan Untuk Candi Borobudur?

Pernah terlintas dipikiran Anda bangunan besar dengan rentang luas lebih dari 100 km dan penuh dengan tumpukan-tumpukan batu besar yang sudah pasti berat namun pada saat pembangunannya belum ada teknologi mutakhir seperti abad ke-20? Apakah menggunakan bahan bangunan terbaik ataukah memang peradaban ketika itu sebenarnya sudah melampaui "kepintaran" manusia saat ini.

candi borobudur
Photo: Candi Borobudur - borobudurpark.co.id

Ya apalagi kalau bukan Candi Borobudur dengan padanan 2.672 panel relief dan 504 arca buddha dan 72 stupa yang menghiasi keseluruhan bangunan yang masuk ke dalam Situs Warisan Dunia ini.

Memang banyak cerita yang menginformasikan bahwa bisa jadi bangunan ini direkatkan menggunakan putih telur. Tapi seberapa banyak putih telur yang harus dikumpulkan dan seberapa banyak ayam betina yang harus bertelur dan seberapa banyak ayam pejantan yang harus mengawinkan ayam betina untuk menghasilkan telur-telur itu, meski memang banyak sekali fungsi putih telur dalam kebutuhan sehari-hari :

1. Bisa Di Makan
2. Sebagai Bahan Pembuat Kue
3. Digunakan Sebagai Perekat

Dan nyatanya ilmu pengetahuan manusia pada saat itu memang sudah "canggih" sehingganya meggunakan bahan bangunan murah yakni batu yang didapatkan dari alam.

Jadi jika Anda dan keluarga memiliki waktu libur pastikan Anda juga berkunjung ke Candi Borobudur dengan mempersiapkan tiket dari Jakarta ke Yogyakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Putih Telur Bahan Bangunan Untuk Candi Borobudur?"