Rabu, 16 Februari 2011

Cara Merawat Bass Pribadi Sendiri

Seorang bassist atau gitarist tentu mengenal dengan yg namanya Fretting atau ada juga yg menyebutnya Buzzing ! Masalah ini di sebabkan karena banyak hal seperti Frett Aus (tidak rata lagi) dan ada juga karena freet lepas ( Ngangkat ) karena faktor tertentu mau gk mau kita harus menggunakan jasa service alat musik kan.


Nah, untuk frett yang lepas atau ngangkat, ini sedikit tips bagaimana membenarkan :

MEMBERSIHKAN PAPAN FRETT & FRETT :

Buka senar , lalu bersihkan papan frett dengan lap , agar kotoran ( Daki ) yang menempel hilang . gosok papan frett hingga bener- bener bersih.untuk supaya papan frett , terutama dari jenis kayu Ebony . rosswood mengkilat kembali . gosok menggunkan minyak goreng baru sedikit saja. papan frett akan mengkilap kembali.Untuk membersihkan frett , gunakan sikat gigi bekas. gosok permukaan dan samping tiap masing-masing frett . frett yg jarang di bersihkan akan banyak menumpuk kotoran berwarna hijau dan akirnya FRETT akan terkena korosi.

CEK WIRING PICKUP :

Wiring pickup memang jarang tersentuh tetapi , karena lama di makan usia , terkadang soldering Cable putus . Cek bagian wiring cable , lihat apakah ada solderan yang terkelupas , jika ada maka sambung kembali menggunakan Solder & timah ke posisi semula !

Potensio . Potensio akan habis ( Aus ) dan akirnya jika di putar timbul suara " grusuk -grusuk " .. langkah pertama bongkar bagian wiring . lihat di belakang badan potensio ada bagian lubang kecil yg terbuka . semprot menggunakan potensio cleaner atau sejenisnya . setelah di semprot, cek ulang .. biasanya gresek2 akan hilang . JIka masih ada , maka kemungkinan Potensio harus di ganti . Ganti potensio yg sesuai ukurannya 500kilo , 250kilo !

Jack female ! harus sering di perhatikan ! jika suara putus nyambung , maka di pastikan Jack bagian kaki + nya sudah lemah , dan tidak menyangkut dgn sempurna ke Male + jack . Ganti !

Sumber

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat