Metode Pilih Macam Server yang Pantas dengan Bisnis Anda

Harga Rack Server 20uKetika memulai merintis jasa startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal ini bisa menjadi salah satu elemen utama yang menetapkan keberhasilan bisnis Anda di masa yang akan datang. Menurut yang sepatutnya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum memilih ragam server yakni mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan high, sedang, atau cuma dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat menentukan jenis server yang tepat untuk bisnis  Anda.

Metode Pilih Macam Server yang Pantas dengan Bisnis Anda


Saat ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam empat klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server macam ini lazim diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan sebab formatnya yang tidak memakan tempat dan mudah ditaruh pada rak server.
Model server ini sangat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pemakai laptop antara dua puluh hingga seratus orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server jenis entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai daya cadangan untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara beriringan. Server ini bisa melaksanakan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengontrol metode pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga bisa simpan lebih banyak data saat perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun demikian server tipe ini memiliki keistimewaan tersendiri bila diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa memakai suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jika ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs isu, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server paling tinggi. Server ini sanggup menciptakan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung pada database yang besar.
Server ini lazimnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server bisa berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang ideal akan berakibat pada daya kerja bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Pilih Macam Server yang Pantas dengan Bisnis Anda"