Tips Traveling di Bulan Puasa Ramadhan

Traveling di Bulan Ramadhan terdengar asing bagi sebagian dari kita. Hal ini bisa Anda dan keluarga lakukan menjelang Bulan Ramadhan tiba misalnya Traveling ke Turki ataupun ke Mekkah tentunya dengan terlebih dahulu memesan tiket pesawat termurah. Namun, sebelum berwisata ada baiknya anda menyimak tips traveling saat puasa.


traveling istanbul
Photo : Jan Van Schijndel

Informasi mengenai Tips & Trip, Artikel Traveling dan Artikel Wisata bisa Anda temukan sangat banyak sekali di Google. Berikut tipsnya :

1. Istirahat Cukup

Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup sehari sebelum memulai travelling. Tidur juga berguna untuk mengumpulkan tenaga agar kita siap berpetualang ria keesokan harinya.

2. Minum Air Putih dan Vitamin

Saat sahur, jangan lupa untuk minum air putih yang berguna menjaga cairan tubuh agar tidak terkuras habis pada saat travelling.  Perkuat juga stamina tubuh dengan konsumsi vitamin agar tubuh tetap kuat meskipun harus travelling saat berpuasa. Cukupi juga gizi dengan konsumsi sayuran.

3. Pilih Destinasi Terbaik

Namun, walaupun sudah mengkonsumsi air putih, vitamin, serta sayuran ada baiknya anda bijak dengan memilih destinasi yang dekat dan tidak terlalu jauh atau destinasi wisata yang dapat menambah kekhusuan Anda dalam beribadah Puasa di Bulan Ramadhan. Dengan begitu, puasa anda akan tetap lancar sekaligus hasrat untuk travelling akan terpenuhi.

4. Pilih Aktivitas Indoor atau Outdoor

Untuk menghemat energi, sebaiknya kurangilah aktivitas di outdoor dan perbanyak aktivitas di dalam ruangan. Untuk itu, penting sekali memperhatikan destinasi yang akan anda kunjungi, apakah indoor atau outdoor. Lebih baik lagi apabila ruangan indoor tersebut memiliki pendingin ruangan.

5. Sesi Terbaik untuk Bepergian

Saat travelling sebaiknya pergilah pada saat pagi hari atau sore hari karena pada siang hari matahari akan bersinar dengan terik sehingga panasnya akan membuat  tenaga terkuras. Jika berpergian pada sore atau pagi hari matahari belum terlalu terik dan udara pun masih segar. Energi dan keringat yang keluar tentu juga akan lebih sedikit.

6. Persiapkan Pelindung Kepala

Apabila aktivitas di luar ruangan tidak bisa dihindari, jangan lupa untuk membawa pelindung kepala seperti payung atau topi. Dengan pelindung kepala, tubuh anda akan terhindar dari paparan sinar matahari.

7. Pilih Menu Berbuka dengan Buah dan Sayuran

Saat berbuka, pilihlah buah dan sayur. Mengapa? Karena buah dan sayur sangat bermanfaat untuk menjaga kehidupan sel-sel tubuh. Ia kaya akan enzim alami yang akan menjaga sel tubuh tetap hidup dan juga memberi asupan energi yang cukup bagi tubuh selama berpuasa.

Lain jika kita mengkonsumsi makanan yang miskin enzim seperti makanan yang overcook. Makanan ini justru akan membuat tubuh semakin lemas bahkan makanan ini juga akan memperpendek usia organ tubuh kita. Makan buah dan sayur juga akan mengurangi resiko dehidrasi kerena memang sayur dan buah ini merupakan sumber air. Pilihlah buah dan sayur dalam keadaan bersih serta matang. Sebaiknya jangan dimasak berlebihan ya?

Itulah beberapa tips travelling saat puasa ramadhan. Jangan jadikan puasa sebagai penghalang untuk tetap beraktivitas ya? Semangat untuk travelling harus tetap membara.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Traveling di Bulan Puasa Ramadhan"