Senin, 25 Februari 2013

Tau Sebab Cake Jadi Bantet

Kenapa cake yang anda buat menjadi bantet?, tentunya tak enak bila di makan karena tidak sesuai yang di harapkan atau tidak semestinya, berikut ada beberapa tips untuk anda agar cake anda tidak bantet:

1. Baking powder sudah tidak "segar"
Saat membuat kue, baking powder berfungsi untuk mengembangkan adonan kue. Karena dikemas dalam wadah plastik yang kering, biasanya orang berpikiran bahwa baking powder ini bisa tahan lama. Padahal, walau belum masuk kadaluarsa, bisa jadi kekuatan baking powder ini tak sekuat dulu.

Baking powder yang sudah terlalu lama akan membuat kue tidak mengembang. Cek dulu kekuatan dan reaksi baking powder sebelum mencampurkannya ke dalam adonan. Cara mengujinya cukup mudah, masukkan saja sedikit baking powder ke dalam air panas. Jika tidak ada gelembung udara yang terbentuk atau tak ada reaksi sama sekali, berarti baking powder ini sudah tidak berfungsi lagi.

2. Tidak teliti baca resep
Perhatikan betul tata cara pencampuran, takaran, dan proses membuat kue yang tertulis dalam resep. Pastikan takaran semua bahan ini diukur dengan tepat. Hindari juga overmixing karena bisa membuat kue bantat. Beda dengan memasak jenis makanan lain, membuat kue adalah sebuah ilmu pasti. Untuk mencapai hasil yang sempurna sebaiknya ikuti resep dengan teliti.

3. Hindari membuka-tutup oven
Jangan terlalu sering membuka dan menutup oven saat memanggang. Buka-tutup akan membuat suhu udara dalam oven tak stabil, akibatnya kue tak bisa mengembang sempurna.

Demikian tipsnya supaya cake yang anda buat tidak bantet semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang Peralatan Masak



Temukan artikel terkait:  Tips Buat Daging Jadi Empuk

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat