Hal Penting Ketika Melapis Benda Dengan Metode Hard Chrome

Pelapisan chrome adalah suatu perlakuan akhir menggunakan elektroplating oleh chromeium. Pelapisan dengan Hard chrome dapat dilakukan pada berbagai jenis logam seperti besi, baja, atau tembaga. Pelapisan chrome juga dapat dilakukan pada plastik atau jenis benda lain yang bukan logam, dengan persyaratan bahwa benda tersebut harus dicat dengan cat yang mengandung logam sehingga dapat mengalirkan listrik.



Pelapisan chrome menggunakan bahan dasar asam chromeat, dan asam sulfat sebagai bahan pemicu arus, dengan perbandingan campuran yang tertentu. Perbandingan yang umum bisa 100:1 sampai 400:1. Jika perbandingannya menyimpang dari ketentuan biasanya akan menghasilkan lapisan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang sangat berpengaruh pada proses pelapisan chrome ini adalah temperatur cairan dan besar arus listrik yang mengalir sewaktu melakukan pelapisan. Temperatur pelapisan bervariasi antara 35 °C sampai 60 °C dengan besar perbandingan besar arus 18 A/dm2 sampai 27 A/dm2.


Elektroda yang digunakan pada pelapisan chrome ini adalah timbal (Pb) sebagai anoda (kutub positif) dan benda yang akan dilapis sebagai katoda (kutub negatif). Jarak antara elektroda tersebut antara 9 cm sampai 29 cm. Sumber listrik yang digunakan adalah arus searah antara 10 – 25 Volt, atau bisa juga menggunakan aki mobil.


Info terkait - Hard chrome

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Penting Ketika Melapis Benda Dengan Metode Hard Chrome"