Senin, 20 Desember 2010

Mempelajari Bagian - Bagian Pada Gitar

Gitar merupakan instrumen musik yang paling banyak digemari dan dimainkan oleh sebagian besar masyarakat dunia, hampir semua usia mengenal gitar, tidak ter"patok" pria, wanita, tua, muda, kaya, miskin, gaul atau kuper semuanya mengenal tentang gitar.


Baik langsung saja kita kupas tuntas mengenai instrumen musik yang populer ini. Gitar elektrik terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:

  • Body Gitar
  • Neck (leher atau stang)
  • Headstok(kepala gitar)
  • Diagram elektronik (pick-up)
BODY GITAR


Body gitar atau badan gitar merupakan bagian yang paling lebar dan paling luas pada gitar (secara umum), di body gitar inilah "tertanam" komponen-komponen elektronik yang mengakibatkan gitar dapat bersuara "lantang". Contoh kayu yang biasa dipakai dalam pembuatan body gitar:


  • Mahogany
Kayu jenis ini memiliki bobot yang lumayan berat namun ideal digunakan sebagai bahan dasar pembuatan body gitar karena dari kayu jenis ini sustain suara gitar lebih baik, attack yang mantap dan suara gitar lebih tajam.
  • Basswood
Kayu jenis ini bisa menghasilkan suara gitar yang warm, memiliki bobot yang lebih ringan dari kayu mahogany namun kekurangan dari kayu jenis ini adalah kepadatan kayu bisa dibilang kurang
  • Ash
Kayu Ash memiliki kesamaan dalam bobot dengan kayu basswood. sound yang dihasilkan cukup bright namun lebih menonjol pada frekuensi low,
  • Poplar
Dari segi sound, kayu jenis ini memiliki karakter yang sama dengan kayu basswood. Keistimewaan dari kayu jenis ini adalah corak kayu yang lebih terang sehingga memiliki sisi esensial tersendiri.
  • Maple
Kayu jenis ini memiliki countour yang lembut dan indah. Sound yang dihasilkan cukup bright dengan attack yang bervariasi. kayu jenis ini banyak digunakan karena coraknya yang indah, sehingga kadang gitar dari kayu jenis ini hanya difinishing natural tanpa cat.

NECK

Yang satu ini biasanya kita Stang ini juga dibuat menggunakan jenis kayu tertentu yang memiliki karakteristik tertentu pula, namun yang paling sering digunakan adalah kayu jenis maple, karena cenderung kuat dan bobot yang ringan, pada neck ini didalamnya tertanam besi baja yang dinamakan trushroad. Besi baja inilah yang mengatur tingkat kelengkungan dari neck gitar. Pada bagian permukaan neck ini biasanya dilapisi lagi dengan kayu lain, biasanya rosewood atau maple untuk ditanami besi freet, nah fret inilah yang memisahkan jarak antar nada, dan perlu ketelitian tinggi untuk mengatur jarak antar fret tersebut agar nada yang diciptakan harmonis. Pada umumnya ukuran dan bentuk neck tiap gitar sama, hanya pewarnaan dan finishingnya mungkan yang agak berbeda. Dan yang membedakan tiap neck pada gitar adalah tingkat kelengkuangan necknya, apakah flat, cembung atau malah cekung, namun yang lumrah digunakan adalah yang flat.

HEADSTOCK

Nah headstock atau kepala gitar ini biasanya dipakai oleh para produsen gitar untuk memberikan ciri pada gitar produksinya. tetapi disamping itu juga headstok ini katanya (beberapa gitaris handal sekelas paul gilbert) mengatakan bahwa konstruksi, kemiringan dan peletakan dryer memberikan pengaruh terhadap panjang sustainnya, oleh karena itu terkadang banyak gitaris yang headstok gitarnya dibuat terbalik dengan asumsi semakin panjang senar maka semakin bagus sustainnya

DIAGRAM ELEKTRONIK PADA GITAR

Bagi yang beli gitar langsung pakai, mungkin gak perlu repot-repot ngurusin masalah beginian. Tapi apa salahnya mempelajari juga supaya bila suatu saat ada gangguan pada gitar langsung bisa ditangani tanpa perlu menunggu bantuan dari pengrajin gitar atau tukang servis, selain mengeluarkan budget untuk ongkos, terkadang juga harus antri gara-gara tukang service nya lagi banyak garapan.
Semoga artikel ini membantu anda menemukan gitar idaman, atau gitar custom yang tentunya sesuai dengan selera anda.

Link terkait tentang Gitar Custom

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat