Jumat, 23 Juli 2010

Bangunan Bersejarah Majapahit

Situs Bersejarah ditemukan di Dusun Nglinguk, Desa/Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Situs bersejarah berupa Kolam, diduga kuat merupakan tempat mandi raja-raja.

Situs bersejarah ini secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang kakek berusia 63 tahun bernama Ruskan di belakang rumahnya. Saat itu Ruskan sedang menggali tanah yang akan digunakan untuk produksi batu bata saat menemukan bangunan dari batu bata kuno.

Saat ini, Kolam Raja bersejarah tersebut sudah terbuka hingga berukuran 7 X 6 meter dengan kedalaman hampir 3 meter. Sangat jelas terlihat bahwa situs bersejarah tersebut adalah bangunan istimewa dengan arsitektur mewah ala kerajaan.

Penemuan situs bersejarah kolam pemandian Raja Majapahit ini mendapat perhatian dari Sekretaris Direktur Jendral (Setditjen) Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.Plt Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan Aris Soviani mengatakan, dari beberapa kali penelitian yang dilakukan oleh pihaknya di lokasi temuan, didapatkan beberapa kesimpulan. Dan salah satunya adalah bahwa diyakini jika bangunan kuno bersejarah temuan Rukan itu adalah kolam pemandian Raja.

Bangunan Kuno berupa Kolam itu ia sebut istimewa karena jika dilihat dari bangunan dan deasin arsitekturnya, kolam pemandian tersebut adalah milik petinggi kerajaan. Bangunan Kuno Bersejarah tersebut mirip dengan kolam di Candi Tikus. Sehingga kuat dugaan bahwa kolam itu adalah milik Raja Majapahit.

Sumber : infoanda.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat