Rabu, 23 Desember 2009

Sekolah Mode Busana Tetap Krusial



SAAT ini, busana bukan hanya berfungsi sebagai penutup aurat saja, melainkan juga sudah memiliki fungsi sebagai ajang pengekspresian dan eksistensi diri.
Tidak jarang pula busana dijadikan sebagai ajang pembuktian prestise yang dimiliki oleh. Bahkan, golongan sosial seseorang pun tercermin dari busana yang dikenakannya. Itulah salah satu alasan dunia mode di Indonesia berkembang dengan pesat.
Perkembangan ini tentunya harus didukung dengan SDM yang berpendidikan. Keberadaan sekolah desain mode di Indonesia tentunya memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia mode di negara ini. Apalagi di era industri kreatif yang berkembang pesat saat ini, sekolah mode menarik perhatian banyak pihak, sekaligus membuka celah bagi lapangan pekerjaan baru.
Fashion school tampaknya sudah mulai dilirik banyak kaum muda. Dengan semakin berkembangnya dunia mode di Indonesia, eksistensi sekolah desain fesyen juga terkena imbasnya. Hal ini terlihat dari meningkatnya minat kaum muda terhadap dunia fesyen dan bertambahnya jumlah siswa sekolah mode.
Salah satu pengajar sekolah mode La Salle College International Jakarta, Truly Hutagalung, mengatakan sejak tahun 2000 sampai sekarang, siswa La Salle mengalami peningkatan yang signifikan. Saat ini siswa yang belajar mode sudah mencapai 200?250 orang.
Lebih lanjut, menurut Truly, dengan adanya sekolah mode, Indonesia akan semakin banyak memiliki sumber daya manusia (SDM) yang lebih berpengalaman dalam bidang fesyen karena memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.
"Dengan begitu, bakat yang dimiliki oleh para SDM yang bekerjadi dunia fesyen akan semakin mudah dikembangkan, sehingga dunia fesyen di Indonesia juga akan semakin cepat berkembang," jelas Truly.
Indonesia sendiri memiliki beberapa sekolah mode yang bisa menjadi alternatif, mulai waralaba sekolah mode internasional seperti La Salle College International Jakarta, Bunka School of Fashion dan ESMOD, atau sekolah mode lokal layaknya Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo atau Indonesia International Fashion Institute (IIFI).
La Salle College International Jakarta, yang sudah berdiri sejak 1997, saat ini merupakan salah satu sekolah mode yang terkenal di Indonesia.
La Salle memiliki dua program di bidang fashion, yaitu fashion design dan fashion business. Truly menjelaskan, dalam fashion design, siswa akan mempelajari bagaimana cara mendesain sebuah busana sampai proses produksinya.



http://lifestyle.okezone.com

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat