Selasa, 06 Oktober 2009

Tips Membersihkan Botol Susu Anak

Banyak ibu-ibu terutama yang baru melahirkan bayi pertama mereka merasa cukup kesulitan dan kesal dengan masalah yang ditimbulkan oleh Botol Susu bayi yang digunakan. Karena botol susu yang digunakan sering terlihat kusam sementara untuk dicuci dengan sabun pencuci pun mengkawatirkan mengingat kandungan bahan kimia didalamnya.

Sebenarnya untuk perangkat botol susu yang dipakai oleh bayi di bawah umur 6 bulan, kita tidak perlu menggunakan sabun pencuci untuk membersihkannya. Walaupun memang sekarang ada macam-macam merk sabun cuci yang memang khusus diperuntukan mencuci botol susu bayi dan perangkat makan/minum bayi lainnya. Untuk bayi di bawah 6 bulan, botol susu yang digunakan cukup dibilas dengan air hangat dan menggunakan sikat lembut khusus botol susu untuk menyeka bagian dalamnya. Kuncinya adalah jangan membiarkan terlalu lama cairan susu dalam botol susu tersebut apabila sudah tidak diminum. Bila anda dalam perjalanan, sedapat mungkin bila selesai bayi anda menggunakan botol susu tersebut, bilas cepat dengan air putih sisa susu yang ada. Hal ini sangat membantu mempermudah membersihkan botol tersebut sesudah anda sampai di rumah kembali.

Selain itu, sekarang juga banyak dijual alat untuk sterilisasi botol bayi. Alat ini juga bagus dipergunakan dua-tiga kali dalam seminggu untuk mensterilisasi botol susu yang dipakai. Namun mengingat harganya yang relatif tidak murah walaupun juga tidak sangat mahal sekali, bagi keluarga baru yang mungkin masih harus berhemat pun tidak perlu kawatir.

Kita dapat juga menggunakan cara manual untuk mensterilkan botol susu tersebut dengan cara merebusnya. Caranya adalah pertama didihkan air dalam panci secukupnya dengan perkiraan semua bagian dari botol susu yang sudah dilepas tersebut dapat direndam dalam air di panci. Bila air sudah mendidih, masukan bagian-bagian dari botol susu yang ingin disterilkan. Rebus selama 2-5 menit. Matikan api, angkat semua botol, tiriskan di atas tissue. Selesai! Hemat namun tetap bersih dan sehat. Selamat mencoba.

Sumber: kumpulan berbagai sumber dan survey.

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat