Rabu, 09 September 2009

Ulang Tahun Si Kecil Usia 3-5 Tahun

Sejak usia 3 tahun, anak mulai mengerti arti ulang tahun. Mereka mulai memahami, ulang tahun adalah sesuatu yang istimewa, sesuatu yang diperuntukkan bagi dirinya. Apalagi, di usia 3 tahun, anak mulai mengembangkan konsep bahwa ia punya identitas. Di usia ini, anak juga harus mengembangkan sense of initiative, yaitu tahap di mana anak penuh dengan inisiatif, ide-ide baru, dan pertanyaan-pertanyaan yang di antaranya tertuju ke dirinya.

Usia 3 Tahun


Untuk pesta
ulang tahun anak seusia ini, Anda dapat mengundang antara 8-10 anak dengan lama pesta 1-1,5 jam. Pada usia ini, anak sudah lebih yakin pada dirinya dan lebih mantap dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Anak-anak usia ini adalah penggembira. Keterampilan fisiknya lebih baik, kemampuan berbahasa serta berkomunikasinya lebih banyak. Ini membuat mereka bersikap positif dan lebih suka bergaul," tulis Charles dan Linda Kraus dalam bukunya, Charles The Clown's Guide To Chlidren's Parties.


Ia juga mulai tertarik bermain bersama anak lain meskipun melihat-lihat keadaan sekeliling masih menjadi minat utamanya. Ia lebih senang jika dapat mengungkapkan otonominya, sebab, sekarang ia lebih mampu mengendalikan tubuhnya dan mampu mandiri. Ia pun masih suka mainan-mainan yang membuat kotor seperti bermain tanah liat. Ia lebih berminat pada proses kegiatan ketimbang hasilnya. Rentang perhatiannya pendek tapi konsentrasinya mendalam.


Usia 4 Tahun


Anak senang sekali bergaul dengan teman-temannya. Mereka juga suka berdandan, menjadi seorang tokoh atau binatang yang menarik baginya dan berperilaku seperti mereka.


Mulai usia 3,5 tahun biasanya anak menunjukkan tingkah laku yang penuh gejolak dan pemberontakan. Anak pun akan diliputi kebimbangan antara rasa malu dan bertindak penuh percaya diri. Mereka berusaha dengan sekuat tenaga untuk memahami kerumitan dunia di sekitarnya dan mereka ingin menjadi lebih besar serta lebih mandiri.


Di usia ini, mereka sudah cukup bisa menikmati segala jenis kegiatan pesta. Jumlah undangan antara 10-15 anak dengan lama pesta tak lebih dari dua jam. Ingatlah, jumlah tamu di usia ini lebih banyak dan mereka pun lebih suka makan serta lebih aktif dibanding tahun lalu.


Usia 5 Tahun


Umumnya mereka mudah bergaul, periang, baik hati, dan mulai belajar memberi dan menerima. Mereka senang menjadi anggota kelompok, tapi masih belum dapat benar-benar memperhatikan kebutuhan anggota kelompok. Mereka mempelajari lebih banyak cara untuk menelaah dan mengendalikan lingkungannya.


Sampai usia ini, biasanya seorang anak sudah pernah menghadiri sejumlah pesta. Pada beberapa pesta, anak diharapkan bersikap tenang dan sopan, menunggu giliran melakukan kegiatan, dan menjaga agar tidak mengotori rumah. Pada ulang tahun kelima, jumlah tamu yang ***ndang antara 15-20 anak dengan lama pesta sekitar dua sampai dua setengah jam.


Bisa juga menaruh hasil kerajinan kreasi mereka sendiri semacam
wood handicraft agar mereka bangga dengan diri sendiri, dan anak lain juga punya keinginan untuk berkreatifitas.


Tempat dan lama pesta


Alternatif tempat pesta bisa di rumah atau di tempat umum seperti hotel, taman hiburan, atau restoran, tergantung lingkungan anak. Bahkan sekolah dan panti asuhan juga bisa dijadikan alternatif pilihan tempat pesta. Yang penting, anak dilibatkan dalam pemilihan dan penentuan tempat pesta ulang tahunnya. Untuk menambah hiasan tempat pesta bisa dengan aksesoris aneka lukisan anak atau pemandangan alam asal yang sesuai dengan perkembangan anak. Tentunya tidak cocok bukan kalau
lukisan abstrak?


Sedangkan lama pesta idealnya antara 1-2 jam dan dilangsungkan sore hari karena udara cenderung tidak panas dan anak-anak pun sudah tidur siang. Biasanya undangan dimulai pukul 16:00 tapi anak-anak baru kumpul semuanya sekitar pukul 17:00, lalu acara dimulai sampai pukul 18:00, selanjutnya makan sampai pukul 19:00.


kompas.com


Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

Tidak ada komentar:

 
Temukan Juga Info Majalah Otomotif dan Berita Otomotif Terbaru di autocarindonesia.com | Info : Tanaman Obat